Sosialisasi Narkoba untuk Generasi Muda

Oleh: Andriansyah/Roro

Cianjur, MNS-Sosialisasi dan pembinaan bahaya narkoba untuk generasi muda oleh Kepala Desa Cipanas H. Agus Saputra pada Minggu, 12/09/2021. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Perangkat Desa, LPM, PKK, Karang Taruna, Babinsa, Banbinkamtibmah dan RT RW sekitar.

Adapun tempat berlangsungnya sosialisasi di gedung sekolah MI Raudthul Ulum, Desa Cipanas, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, dan dimulai dari pukul 13:00 sd/selesai.

Giat ini mengingkatkan generasi muda akan bahayanya narkoba untuk diri sendiri dan dapat merugikan masyarakat sekitar. Dilansir dari wikipedia Narkoba adalah singkatan dari narkotika, psikotropika, dan obat terlarang. Selain "narkoba", istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah Napza yang merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif.

"Penyalahgunaan narkoba dapat berbahaya tidak hanya jangka pendek, namun dalam jangka panjang dapat merusak diri dan orang lain." Ucap H. Agus Saputra selaku Kepala Desa Cipanas.

Beliaupun memaparkan dampak dan tanda kecanduan dari penyalagunaan narkoba, diantaranya:


1. Dehidrasi
Narkoba yang disalahgunakan dapat menyebabkan keseimbangan elektrolit berkurang, sehingga berakibat badan akan mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi.

Konsumsi narkoba terus menerus (kecanduan) membuat tubuh mengalami kejang-kejang, halusinasi, perilaku agresif dan rasa sesak bagian dada.

Dalam jangka panjang, dehidrasi ini juga dapat menyebabkan kerusakan pada otak.

2. Halusinasi
Salah satu efek yang seringkali dialami oleh pengguna narkoba seperti ganja adalah halusinasi.

Konsumsi ganja dalam dosis yang besar juga dapat menyebabkan mual, muntah, rasa takut, serta gangguan kecemasan.

Sementara jika dipakai dengan waktu yang lama, narkoba jenis ini dapat menyebabkan gangguan mental, depresi dan kecemasan yang berlarut.

3. Menurunkan tingkat kesadaran
Dampak pemakaian narkoba dengan dosis yang berlebih akan membuat tubuh terlalu rileks hingga kesadaran menjadi berkurang.

Baca Juga :  PPKM di Cianjur Berlangsung Secara Ketat

Bahkan pemakaian narkoba bisa tidur terus menerus dan tidak bangun dalam jangka waktu tertentu.

Resiko kehilangan kesadaran tersebut membuat kondisi tubuh terganggu, sering bingung dan perubahan perilaku bagi pengguna.

Serta dampak yang cukup parah adalah hilangnya ingatan disertai sulitnya mengenai lingkungan sekitar." Pungkasnya.

author
No Response

Leave a reply "Sosialisasi Narkoba untuk Generasi Muda"