Pangdam XIV Hasanuddin Secara Resmi Membuka Lomba Kejuaraan Tembak dan Panco antar Satuan

Oleh: Red

Gowa, MNS-Panglima Kodam (Pangdam) XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno, S.H. secara resmi membuka kejuaraan lomba Tembak Tempur Serangan Siang (TTSS) dan Panco antar satuan jajaran Kodam Hasanuddin bertempat di Makorindam XIV/Hasanuddin Pakkato kabupaten Gowa, Rabu, (15/09/2021).

Pangdam dalam sambutannya mengatakan bahwa lomba Tembak Tempur Serangan Siang yang diselenggarakan ini, bertujuan untuk mengetahui sampai di mana kemampuan dan keterampilan serta kemahiran prajurit Satpur dan Satbanpur jajaran Kodam XIV/Hasanuddin dalam melaksanakan kegiatan TTSS. “Materi yang akan diperlombakan meliputi, menembak dengan sasaran lesan tubuh timbul tenggelam, menembak dengan sasaran dada timbul tenggelam, menembak dengan sasaran lesan bergerak pindah dari satu tempat ke tempat yang lain, menembak serangan siang berlari dengan variasi waktu serta jarak serta berlari dari 300 meter menuju jarak 50 meter,” jelas Mayjen Syafei Kasno.

“Hal ini penting, karena perlu diketahui bahwa keterampilan dalam melakukan TTSS adalah salah satu keahlian yang wajib dimiliki oleh setiap prajurit,” tegasnya.

“Kegiatan seperti ini hendaknya diupayakan secara berkesinambungan, terstrukur dan terencana karena manfaatnya bukan hanya untuk kepentingan pertandingan atau perlombaan semata, akan tetapi sebagai ajang pembinaan, sekaligus sebagai tolak ukur guna mengevaluasi hasil pelaksanaan latihan Tembak Tempur Serangan Siang yang telah dilatihkan di satuan selama ini,” sambungnya.

“Selain Lomba Tembak Tempur Serangan Siang, pada hari ini juga diselenggarakan pertandingan Panco antar satuan jajaran Kodam XIV/Hasanuddin yang bertujuan untuk mengetahui sampai sejauh mana pembinaan kebugaran prajurit dalam memanfaatkan sarana olah raga berupa fitness yang ada di satuannya,” tambahnya.

“Melalui pertandingan panco kali ini, dapat diukur kekuatan fisik prajurit karena hal tersebut merupakan salah satu syarat utama bagi prajurit untuk dapat melaksanakan tugas pokok dengan baik,” tandasnya.

Menurut Pangdam selama ini, Komando telah memberikan dukungan sarana berupa alat fitness yang dimaksudkan untuk pembinaan otot dan kebugaran para prajurit. “Melalui pertandingan panco kali ini, sekaligus kita dapat menilai bahwa dukungan sarana fitness yang ada selama ini sudah dimanfaatkan dengan baik secara maksimal,” ungkapnya.

Di akhir sambutannya Pangdam mengingatkan akan pentingnya manfaat dari pelaksanaan lomba ini, “para peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat dan selalu menjunjung tinggi sportivitas selama kegiatan lomba berlangsung. Jaga keamanan dan ketertiban dengan baik serta hindari hal-hal yang dapat menimbulkan kerugian, mengingat faktor keamanan merupakan hal yang sangat penting dan urgen dalam setiap pelaksanaan kegiatan,” tutupnya.

No Response

Leave a reply "Pangdam XIV Hasanuddin Secara Resmi Membuka Lomba Kejuaraan Tembak dan Panco antar Satuan"