• Minggu, 5 Februari 2023

Latihan Pernapasan untuk Menghilangkan Stres dan Kecemasan

- Kamis, 1 Desember 2022 | 21:09 WIB
Latihan Pernapasan Untuk Menghilangkan Stres dan Kecemasan (Sandi Ramadani)
Latihan Pernapasan Untuk Menghilangkan Stres dan Kecemasan (Sandi Ramadani)

Bandung, Nuansasinar.com-Bagaimana stres berhubungan dengan pernapasan? Untuk memahaminya, Anda perlu menganalisis interaksi dua bagian sistem saraf simpatik dan parasimpatis.

Ternyata jika Stres dengan hanya menghirup dan menghembuskan napas secara signifikan memengaruhi mereka. Dengan melakukannya dengan benar dan sadar, kita mendapat kesempatan untuk mengelola kondisi kita.

Sistem saraf jika terjadi stres simpatik diaktifkan saat kita dalam bahaya. Fungsinya untuk mengimplementasikan salah satu strategi defensive fight/flight. Sistem parasimpatis bertanggung jawab untuk homeostasis. Saat aktif, tubuh dalam keadaan mengisi kembali sumber daya istirahat, pencernaan, dll.

Dengan stres yang berkepanjangan, sistem saraf simpatik menjadi terlalu bersemangat dan parasimpatis terhambat. Pekerjaan saraf vagus terganggu. Ini adalah pasangan saraf kranial kesepuluh yang mengatur sejumlah besar fungsi tubuh.

Baca Juga: Bagaimana Bila Tidak Mengobati flu atau Insfluenza?

Nafas adalah satu-satunya jendela yang melaluinya kita mendapatkan akses ke saraf vagus dan seluruh sistem parasimpatis. Dengan itu, kita bisa mengatur pekerjaan mereka.

Tugas utamanya adalah mengalihkan tubuh dari simpatik ke parasimpatis. Bagaimana cara melakukannya? Perlu untuk menghilangkan tanda-tanda "pernapasan stres".

Ekaterina Tur Di bawah tekanan, pernapasan menjadi dada, cepat, dangkal. Selama mode ini dipertahankan, sistem saraf simpatik akan aktif. Untuk memperlambatnya, Anda perlu menarik napas dalam-dalam ke perut. Ini menimbulkan parasimpatis.

Pernapasan perut yang dalam membantu menghilangkan stres saat ini. Bertahan dari beberapa situasi sulit tanpa konsekuensi bagi tubuh. Ini juga merupakan alat untuk menghilangkan ketegangan ketika penyebabnya tidak jelas. Ini tentang kecemasan.

Halaman:

Editor: Sandi ramadani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Review Es Krim Viral di Bandung Mode Rumahan!

Jumat, 3 Februari 2023 | 18:22 WIB

Lagi Trend! Simak 5 Tata Cara Nikah di KUA 2023

Kamis, 2 Februari 2023 | 19:03 WIB

Tas 2023 Tren, Aksen Menarik dan Tren Mode Baru

Rabu, 18 Januari 2023 | 18:58 WIB

Wow Inilah Resep Hidangan Daging Untuk Anda

Sabtu, 14 Januari 2023 | 13:00 WIB
X