• Selasa, 24 Mei 2022

Toge Takjil yang Diminati Mayarakat Tabagsel Sumut

- Selasa, 19 April 2022 | 19:54 WIB
Toge Takjil Yang Diminati Mayarakat untuk berbuka puasa (Salmi)
Toge Takjil Yang Diminati Mayarakat untuk berbuka puasa (Salmi)

Padang Sidempuan, nuansasinar.com -Toge panganan tradisional atau takjil yang diminati masyarakat Tapanuli Bagian Selatan ( Tabagsel ) Sumatera Utara ( Sumut ) di bulan suci Ramadhan.

Baca Juga: Media Nuasa Sinar Berbagi Tak'jil Di Tengah Pandemi Yang Membaik

Toge adalah makanan yang terbuat dari beberapa bahan olahan dari tepung beras, dibentuk bulatan kecil seperti cenil, bertektur kenyal, dicampur tape pulut hitam dan tape pulut putih, dengan kuwah kental gula merah yang dimasak secara terpisah.

Demikian dituturkan ibu paruh baya bermarga Harahap kepada awak media ini (18/04) di sela-sela kesibukannya saat melayani pembeli yang antri, menunggu pesanan yang sedang diracik.

Toge bercita rasa manis, sangat nikmat disantap saat berbuka puasa, selain itu penyajiannya cukup sederhanya, Toge diracik di depan pembeli, semua bahan yang telah dimasak sebelumnya disampur menjadi satu selanjutnya dimasukkan kuahnya, terang ibu Harahap.

TakjilBaca Juga: Forum Perduli Cipeundeuy Membagikan Takjil Gratis Menjelang Buka Puasa

Menurut beliau, tiap bulan suci Ramadhan selalu berjualan Toge, dikarnakan masyarakat menyukainya, keuntungan yang diraup selama Ramadhan lumayan menjanjikan, apa lagi yang berjualan hanya sedikit.

Pantauan awak media ini di seputaran lapak takjil, ditemukan hanya ada dua penjual Toge sehingga kedua lapak tersebut jarang sepi dari pembeli.

 

Halaman:

Editor: Hilal Milki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kegiatan Halal Bihalal Baderhood TKP Sukoharjo

Minggu, 22 Mei 2022 | 23:47 WIB

Gerhana Bulan Total 16 Mei 2022

Selasa, 17 Mei 2022 | 00:18 WIB

5 langkah Mitigasi Bencana Gempa Bumi

Senin, 16 Mei 2022 | 23:37 WIB

5 Wisata Bandung Terbaru yang Worth It 2022!

Selasa, 3 Mei 2022 | 20:40 WIB
X