• Senin, 8 Agustus 2022

Philodendron Tanaman Hias dari Suku Araceae

- Sabtu, 8 Januari 2022 | 03:44 WIB
Philodendron Elephant Ear (Edi)
Philodendron Elephant Ear (Edi)

Cianjur,nuansasinar.com,-Philodendron adalah sejenis tumbuhan dari suku Araceae, yang mempunyai banyak spesies. Namanya berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata philo ("cinta") dan dendron ("pohon"). Karena keindahan bentuk dan warna-warni daunnya, Philodendron banyak disukai sebagai tanaman penghias ruangan atau taman.

Tumbuhan ini banyak dijumpai di hutan tropis seperti di Indonesia. Biasanya tumbuh di tempat-tempat yang lembap, di rawa, pada tepi sungai, maupun di pinggir jalan. Banyak anggotanya yang hidup merambat pada tumbuhan lain dengan bantuan akarnya.

Philodendron sempat ramai pada tahun 1990. Pada saat itu para pecinta tanaman hias berlomba-lomba untuk memilikinya sebagai hiasan, meskipun pada saat itu harganya bisa dibilang mahal, mulai dari ratusan hingga jutaan rupiah tapi tidak menyurutkan para pecinta tanaman hias untuk memilikinya.

Meskipun tidak seramai pada massanya tanaman ini masih memiliki banyak peminat untuk menghiasi tanaman.

Beberapa jenis Philodendron yang bagus untuk menghiasi taman.

Heartleaf Philodendron
Heartleaf Philodendron memiliki ciri khas berupa daun berbentuk hati yang tumbuh menyulur. Tanaman ini bisa tumbuh setinggi 10--15 cm, bahkan di dalam ruangan.

Philodendron Elephant Ear
Philodendron Elephant Ear
Tanaman hias yang satu ini memiliki daun berwarna kelabu kebiruan saat masih anak. Jika daun sudah tua, warnanya akan berubah hijau-kelabu cantik. Pangkas secara teratur agar daun baru yang sehat terus tumbuh.

 

Edy H/Andriandyah/R Hana

Halaman:

Editor: Faisal Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wow Inilah Keluarga Rothschild

Sabtu, 30 Juli 2022 | 00:31 WIB

Wow Inilah 11 Fakta Buat Video Kalian Fyp

Minggu, 24 Juli 2022 | 23:12 WIB

Bawaslu Tak Punya Dasar Apa pun

Rabu, 20 Juli 2022 | 17:15 WIB
X