• Senin, 8 Agustus 2022

Kisah Syekh Maulana Malik Ibrahim yang Kerap Disapa Kakek Bantal

- Selasa, 28 Desember 2021 | 20:21 WIB
Cover Buku Walisanga (Faisal Nugraha)
Cover Buku Walisanga (Faisal Nugraha)

Bandung, MNS-Selamat malam good People, pasti kita lagi sibuk kerja dan bersiap menyambut tahun baru 2022 nihh, namun sebelumnya izinin kita share kisah salah satu penyebar agama Islam, yakni Syekh Maulana Malik Ibrahim.

"Hendaklah engkau ajak orang ke jalan Tuhanmu dengan hikmah kebijaksanaan dengan petunjuk yang baik, serta ajaklah bertukar pikiran dengan cara sebaik-baiknya." (QS An-Nahl 123).

Maulana Malik Ibrahim berasal dari Turki ahli mengatur negara. Berdakwah di Jawa Timur dan wafat di Gresik pada tahun 1419 M. Makamnya terletak satu kilo meter dari sebelah utara pabrik semen Gresik.

Baca Juga: Ragam Komunikasi di Dunia, Kamu Harus Tau

Beliau datang ke pulau Jawa, dan sebenarnya sudah ada beberapa di sana yang memeluk agama Islam di daerah-daerah pantai utara termasuk di Desa Leran. Hal itu bisa dibuktikan dengan adanya makam Fatimah binti Maimun

Perkiraan Maulana Malik Ibrahim datang sekitar tahun 1404 M. Berdakwah di Gresik hingga akhir wafatnya pada 1419 M. Kebetulan pada masa itu kerajaan yang berkuasa di situ adalah Majapahit yang kebanyakan pemeluk Hindu dan Budha.

Berdakwah dengan bijaksana adalah cara beliau, sesuai perintah Agama, dengan cara yang sebaik-baiknya.

Tidak menentang secara langsung kepercayaan terdahulu merupakan cara beliau, beliau tunuan ketinggian akhlak islami dari Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: Profil dan Biodata Reza Rahadian, Sipemeran Mas Aris Diserial Layangan Putus WeTV

Halaman:

Editor: Faisal Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wow Inilah Keluarga Rothschild

Sabtu, 30 Juli 2022 | 00:31 WIB

Wow Inilah 11 Fakta Buat Video Kalian Fyp

Minggu, 24 Juli 2022 | 23:12 WIB

Bawaslu Tak Punya Dasar Apa pun

Rabu, 20 Juli 2022 | 17:15 WIB
X