H. Ucuf Seorang Penjual Ikan Nafkahi Keluarga

Oleh: Burdah

Cianjur, MNS-60 tahun Ucuf ber-alamat kampung Lembur Sawah RT02/RW 04. desa Sukamanah, kecamatan Cugenang yang sudah tua H. Ucuf harus tetap bekerja demi untuk menafkahi keluarga dan anaknya yang masih duduk di bangku sekolah. 09/10/2021

H.Ucuf  rela berjalan kaki Setiaf hari Untuk Berjualan ikanya, demi untuk mencari Nafkah Anak dan isrtinya, Dalam beraktivitas itu lamanya 20 tahun, kurang lebih ia tekuni. Sungguh bukan hal yang mudah.

Ia lakukan semata-mata untuk menafkahi keluarganya. Setiap Harinya Hj. Ucuf mempersiakan dagangannya dari jam tujuh pagi sampai dengan selesai, harus menuju ke setiap wilayah. “Ketika saya berangkat menuju ke lapangan dari rumah untuk berjualan ikan Give dan ikan Bibit jam tujuh saya harus sudah di titik lokasi.”

Ucuf mengungkapkan, “pekerjaan itu telah lama ia tekuni sejak tahun dua ribu sembilan hingga saat sekarang ini tidak ada bosennya.” Kenapa tidak, anaknya dua orang yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) sementara satunya kendati lanjut di Sekolah Menegah Pertama (SDN) dan satunya lagi sementara di Sekolah (SMK) Sekolah Menengah ke Atas.

Ke empat anaknya itulah yang membuat dirinya harus banting tulang mencari rupiah demi untuk kelangsungan hidup mereka. Bahkan istrinya pun yang juga sebagai Pedangang Keliling berjualan baju, saat ini sudah tidak berjualan lagi.

Dengan bermodalkan Rp 350 ribu, Hj. Ucuf sudah bisa mendapatkan ikan segar untuk di-order keliling. Hasil dari penjualan itulah ia mendapatkan keuntungan sebesar 140 ribu, hingga mampu bertahan hidup dan menyekolahkan anaknya.

“Dengan pendapatan 140 ribu perhari, allhamdulillah saya sudah bisa menghidupi keluarga saya. 35 ribu untuk biaya sekolah anak saya setiap hari, dan sisanya saya tabung untuk kebutuhan yang lain,” tuturnya.

Sebagai Kepala Rumah tanggga dirinya harus bekerja untuk keluarganya. Sebab istrinya yang juga ibu rumah tangga dengan mengantar anaknya yang masih duduk di Bangku SD. Olehnya itu, Hj. Ucuf tetap harus menjaga kesehatanya, jasmani dan rohaninya untuk tetap berjualan ikan. Karena kalau bukan dirinya siapa lagi yang akan menghidupi anak istrinya.

No Response

Leave a reply "H. Ucuf Seorang Penjual Ikan Nafkahi Keluarga"