Kemendikbud Ristek Beri Izin Kampus Unika St. Paulus Ruteng Buka Prodi Peternakan

RUTENG,Nuansasinar.com,-Kemendikbud Ristek Beri Izin Kampus Unika St. Paulus Ruteng Buka Prodi Peternakan. Keputusan Kemendikbud Ristek tersebut tertuang dalan surat bernomor 242/E/0/2021 tertanggal 10 Juni 2021.

Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) memberikan izin kepada Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng untuk membuka Program studi (Prodi) peternakan program sarjana.

Dalam surat itu Kemendikbud Ristek menyatakan, bahwa Unika Ruteng memenuhi persyaratan minimum akreditasi sehingga diizinkan untuk membuka program studi peternakan.

Sementara itu, Rektor Unika Santu Paulus Ruteng, Dr. Yohanes Servatius Lon, M.A, menyampaikan terima kasih kepada Kemendikbud Ristek yang telah memberikan kepercayaan kepada Unika Santu Paulus Ruteng untuk menyelenggarakan Program Studi Peternakan Program Sarjana.

Ia juga berterima kasih kepada LLDIKTI XV yang telah mendukung dan memfasilitasi Unika Santu Paulus Ruteng dalam proses pengusulan pembukaan prodi tersebut.

“Atas nama civitas Akademika Unika Santu Paulus Ruteng, saya mengucapakan terima kasih kepada Kemendikbud Ristek yang telah memberikan ruang dan kepercayaan kepada Unika untuk membuka prodi Peterenakan. Kepada LLDIKTI juga, saya mengucapkkan trima kasih, dan kepada panitia kerja pengusulan prodi baru Unika Santu Paulus Ruteng,” ujarnya.

Dia menambahkan, kepercayaan ini adalah tanggung jawab yang harus dijalani dengan penuh bijaksana dan bersungguh-sunguh.

Dengan membuka berbagai macam program merupakan bentuk kepedulian kepada masyarakat. Semakin banyaknya program studi, masyarakat Manggarai dapat memanfaatkan peluang dengan baik.

“Ini adalah bentuk tanggung jawab dan keterlibatan kampus untuk ikut membangun Manggarai. Unika berkomitmen terus memberikan yang terbaik untuk Manggarai sesuai dengan Visi dan Misi Unika Santu Paulus Ruteng, dengan tetap memerhatikan perubahan-perubahan yang terjadi,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I, Dr. Fransiska Widyawati, M.Hum, menyatakan, dengan dibukanya prodi peternakan ini dapat menjadi hal yang baik dan bentuk tanggung jawab dalam memajukan NTT umumnya, dan Manggarai khususnya terutama dalam dunia pendidikan, pertanian, kesehatan dan peternakan.

Dia mengatakan, penerimaan mahasiswa baru prodi peternakan akan mulai diterima pada hari Jumat (9/7/2021).

“Sejak hari ini, penerimaan mahasiswa baru prodi peternakan dilayani  Pendaftaran dilakukan secara online, sebagaimana yang dilakukan pada prodi lain,” ucapnya.

Namun, dia juga mengatakan, untuk calon mahasiswa baru prodi peternakan yang mengalamai kesulitan saat pendaftaran online, dapat melakukan pendaftaran secara offline, dengan mengikuti protokol kesehatan.

Senada diungkapkan Wakil Rektor II, Dr. Marsel Rubern Payong.M.Pd yang juga Ketua pelaksana pengusulan pembukakaan prodi baru Unika Santu Paulus Ruteng. Marsel mengungkapkan, Prodi Peternakan (S1) UNIKA St. Paulus Ruteng merupakan jawaban terhadap kebutuhan SDM untuk bidang peternakan di wilayah Manggarai Raya dan NTT.

“NTT adalah salah satu daerah yang masuk dalam koridor ekonomi lima (Bali Nusa Tenggara) yang salah satu sektor ekonomi unggulan menurut Masterplan Pembagunan Ekonomi Kawasan adalah pertanian dan peternakan,” ungkap Marsel.

Dia berharap, kehadiran prodi peternakan dapat melahirkan wirausahawan-wirausahawan baru di bidang peternakan, sehingga dapat menghasilkan produk-produk peternakan baik ternak besar, ternak kecil maupun unggas untuk kebutuhan di NTT maupun nasional.

(Dedimus Panggur)

author
No Response

Leave a reply "Kemendikbud Ristek Beri Izin Kampus Unika St. Paulus Ruteng Buka Prodi Peternakan"