Bupati Cianjur Gelar Audensi Bersama KCD Pendidikan Wilayah VI Provinsi Jawabarat

CIANJUR,Nuansasinar.com,-Bupati Cianjur H. Herman Suherman melakukan gelar kegiatan Audiensi Bersama Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Provinsi Jawa Barat dan Jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cianjur di Ruang Rapat Bupati Cianjur. Rabu (06/05/2021).

Dalam kesempatan itu Bupati menyampaikan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi atas kunjungannya tim KCD Pendidikan Wilayah VI provinsi Jawa Barat.

“Terus terang saja saya sudah lama menunggu pihak KCD Pendidikan Wilayah VI ini, karena ini momen penting bagi perkembangan pendidikan di kabupaten Cianjur terlebih kaitan Cianjur yang pada saat ini IPM pendidikannya masih di bawah”, kata Bupati Cianjur.

H. Herman suherman menjelaskan bahwa ada beberapa alasan yang membuat IPM pendidikan di Cianjur masih di bawah yang diantaranya di Cianjur pada kurun waktu 15-20 tahun kebelakang banyak anak anak didik yang lulusan SD itu langsung masuk pondok pesantren.

"Nah, mulai dari situ secara formal maka kebanyakan tidak terdaftarnya anak – anak didik pada formal atau pendidikan umum. Untuk salah satu solusi hal itu maka kita harus mampu mengejar pendidikan formal itu dengan program PKBM ke pondok pesantren pondok pesantren", ungkapnya.

Dikatakan juga oleh Himam Haris Plt. Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Cianjur, bahwa pertemuannya antara KCD Pendidikan Wilayah VI Prov Jabar Dengan Bupati Cianjur membicarakan beberapa hal penting kaitan dengan pelaksanaan kegiatan pendidikan SMP atau MTS dan SMA atau SMK, SLB di kabupaten Cianjur, yang antara lain tentang program penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2021/2022.

“Alhamdulillah kita sudah mempetakan dari SMP/MTsyang ada di kab Cianjur yang sekitar 41700 orang dapat tertampung sekitar 36000 ribu, jadi ada lulusan SMP yang memang belum tertampung di sekolah negeri ataupun swasta baik SMA/SMK maupun Madrasah Aliyah sekitar 5600 orang dan yang ini mudah mudahan bisa dikelola yang mungkin nanti kebanyakan di pondok pesantren kita akan kelola melalui program pendidikan non formaldan itu penyelenggaraan program kesetaraan yang ada di seluruh kecamatan yang ada di Cianjur", ujar Himam.

Dalam waktu bersamaan Endang , menjelaskan bahwa pihaknya pentingnya pertemuan tersebut bicarakan persiapan penerimaan peserta didik baru SMA, SMK dan SLB Tahun 2021. Yang lainnya persiapan tatap muka sekolah dan program desa guna membangun desa.

Ada beberapa hasil pembahasan dari pertemuan itu antara lain :
Penerimaan peserta didik baru yakni Lakukan pemetaan siswa dari dikdas dan dikmen, bupati akan membuat surat edaran ke Camat untuk mendorong wajib belajar 9 tahun, dan mendata anak usia sekolah yang masih belum sekolah.

"Melakukan pendataan terhadap pesantren dan didorong anak yang pesantren agar mengikuti pendidikan formal. Untuk SLB di ajukan agar ada TKB untuk pemenuhan kebutuhan dan SLB di Kabupaten Cianjur. Kolaborasi pemerintah Daerah Kabupaten Cianjur dan pemerintah provinsi melalui Cabang Dinas Pendidikan dalam proses PPDB", ucap Endang.

Lanjutnya Endang menyampaikan bahwa terkait PTM Camat ditugaskan untuk melakukan pendataan sarpras dan meninjau PTM di tingkat SMP, lurah dan kades ditugaskan untuk melakukan pendataan sarpras dan meninjau PTM tingkatan SD, dipersiapkan dengan matang dibuatkan instrumen untuk PTM dan jangan sampai ada cluster baru Covid – 19 dari sekolah jika dilaksanakan pembelajaran tatap muka. Percepatan dan penyelesaian pelaksanaan vaksin bagi guru ditargetkan selesai sebelum bulan juni tahun 2021.

"Sedangkan hal lainnya tentang SMK membangun Desa ada beberapa programnya yang antara lain : Program Bupati Cianjur petani milenial, bekerjasama dengan SMK, agar lulusan SMK jurusan pertanian diarahkan mengikuti program petani milenial, kredit usaha rakyat dari BJB tidak ada jaminan dan anggunan untuk modal dan di ansuransikan untuk mengantisipasi kerugian, hasil tani di beli BUMD sugih mukti agar harga pasar terkendali, agrowisata dan juga kolaborasi antara SMK pertanian dan SMK IT untuk pengembangan IT di bidang pertanian," pungkas Endang.

(Hojanah/ Rakhmat sugianto)

author
No Response

Leave a reply "Bupati Cianjur Gelar Audensi Bersama KCD Pendidikan Wilayah VI Provinsi Jawabarat"