• Sabtu, 22 Januari 2022

Bedanya Disaat Kalah, Catatan Kecil Untuk Garuda Muda Timnas Indonesia

- Jumat, 31 Desember 2021 | 23:00 WIB
Catatan Kecil Untuk Garuda Muda Timnas Indonesia (Image:Screenshoot Yt)
Catatan Kecil Untuk Garuda Muda Timnas Indonesia (Image:Screenshoot Yt)

Oleh: Rendi Apriandi

nuansasinar.com - Andai leg 1 Timnas Indonesia menang lawan Thailand, mungkin akan muncul spanduk yang bertuliskan: "Lelahmu, lelahku juga."

Atau "Kemenanganmu adalah kemenangan kita semua," dan seterusnya-seterusnya, seraya memampang foto diri yang ukurannya lebih besar dari para pemain sepak bola itu sendiri.

Mereka semua tidak ada yang berani mengapresiasi dengan bonus seperti yang dijanjikan oleh para pengusaha atau pejabat publik yang peduli pada putra daerahnya. Bahkan mereka pun kalah oleh selebritas Nikita Mirzani yang menyiapkan 1 milliar rupiah bila Timnas Indonesia juara AFF Suzuki 2020.

Baca Juga: 5 Macam Olahraga Yang Mampu Meredakan Stres

Betapa semangatnya para elite, saat akan berlaga, bahkan ada elite partai yang mengajak Nobar (nonton bareng) seraya memajang foto diri plus logo partainya. Tapi kini saat kalah, mereka semua membisu dan tak ada spanduk bertuliskan: "Tangismu, tangisku juga."

Bagi kami, itu hanya aneknot, karena dukungan kami berbeda dengan mereka yang berbalut kepentingan. Karena kami lebih memandang pada harapan akan perubahan di masa mendatang, setelah lama sepak bola tanah air tak berdaya di kancah international.

Mereka terdiri dari para punggawa muda potensial yang diharapankan akan bersinar 2-3 tahun mendatang, setelah berpeluh keringat untuk berlatih keras ala Korea dari pelatih Shin Tae-yong (STY) yang sangat disiplin.

Kesenangan masa muda mereka sejenak terengut, bahkan jam tidur, bangun dan istirahatnya pun diatur. Pola makan dikontrol ketat, hingga makanan kesukaan apalagi gorengan harus mereka tinggalkan. Semua harus bergizi dan bernutrisi. Kita bebas berceloteh di media sosial, tapi mereka tidak.

Halaman:

Editor: Soni Somantri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Highlights Serie A: Bologna 0-2 Napoli

Selasa, 18 Januari 2022 | 11:38 WIB

Epick Come Back, Milan VS Genoa 3-1

Jumat, 14 Januari 2022 | 21:43 WIB

Ketua IPSI Lepas Kontingen Pencak Silat

Minggu, 12 Desember 2021 | 07:32 WIB

Sekda Jabar Buka Kejuaraan Piala Gubernur

Kamis, 9 Desember 2021 | 15:13 WIB

BRI Liga 1 Mulai Memasuki Masa Kejam

Kamis, 2 Desember 2021 | 11:47 WIB
X