• Selasa, 24 Mei 2022

Quraish Shihab Turut Komentar Perihal Aksi Penendangan Sesajen Di Gunung Semeru, Ini Tanggapannya

- Minggu, 16 Januari 2022 | 20:31 WIB
Quraish Shihab Turut Komentar Perihal Aksi Penendangan Sesajen Di Gunung Semeru (Image:Sc Yt Najwa Shihab)
Quraish Shihab Turut Komentar Perihal Aksi Penendangan Sesajen Di Gunung Semeru (Image:Sc Yt Najwa Shihab)

.

nuansasinar.com - Quraish Shihab turut mengomentari perihal aksi pri yang melakukan penendangan sesajen di Gunung Semeru, yang dilakukan oleh Hadfana Firdaus. Quraish Shihab yang merupakan Ayah presenter Najwa Shihab pun, mengisahkan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Muhammad SAW saat menghancurkan berhala.

Menurut sudut pandang dari Quraish Shihab, sesajen yang tidak diperbolehkan adalah jika sesajen tersebut dianggap dapat membantunya mencapai keinginan seseorang.

"Seperti contohnya jikaada seseorang memotong kepala kerbau supaya tidak diganggu jin, maka hal tersebut tidak diperbolehkan. Tapi kalau menyembelih kerbau atau sapi untuk anda sedekahkan dan makan bersama, maka tidak ada masalah," Ujar Quraish Shihab dalam channel YouTube Najwa Shihab, dikutip Sabtu, 15 Januari 2022 kemarin.

Baca Juga: Penendang Sesajen Dilokasi Erupsi Semeru Tertangkap, Pelaku Diamankan di Jalan

Mengenai kasus aksi penendangan dan pembuangan sesajen di Gunung Semeru, menurut Quraish Shihab, umat Islam harus hati-hati untuk menyikapinya. Karena Umat Islam pun juga dilarang mengganggu prihal sesajen (sesaji) tersebut.

Quraish Shihab pun memberikan penjelasan diambil dari Surah Al An'am ayat 108 yang artinya,

"Dan janganlah kamu memaki sembahan-sembahan yang mereka sembah selain Allah, karena mereka nanti akan memaki Allah dengan melampaui batas tanpa pengetahuan. Demikianlah Kami jadikan setiap umat menganggap baik pekerjaan mereka. Kemudian kepada Tuhan merekalah kembali mereka, lalu Dia memberitakan kepada mereka apa yang dahulu mereka kerjakan"

"Jadi semestinya jangan ditendang. Kita hormati adat istiadat suku di sekitar kaki Gunung Semeru. Hormati bukan berarti setuju, karena kalau tidak, kita mengundang orang juga memperlakukan apa yang kita percaya, apa yang kita lakukan itu sebagaimana perlakuan kita terhadap mereka,"Ungkap Quraish Shihab.

Baca Juga: Inilah Contoh Sikap Toleransi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Halaman:

Editor: Soni Somantri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Vina Garut Bebas? Simak Ulasannya

Kamis, 28 April 2022 | 20:50 WIB

Penggundulan Hutan dan Mafia Kayu Masif di Tapsel

Kamis, 28 April 2022 | 15:02 WIB
X