• Sabtu, 22 Januari 2022

Kamu Harus Tau! Sebentar Lagi KTP Digital Hadir di Anda

- Kamis, 6 Januari 2022 | 14:07 WIB
KTP (Rachmat)
KTP (Rachmat)

Bandung, MNS-Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Dalam Negeri akan melakukan uji coba terkait Kartu Tanda Penduduk (KTP), dengan berbentuk quick response code (QR Code). Untuk ke depannya KTP tak lagi berbentuk fisik seperti yang sekarang rencana akan diganti dengan KTP Digital.

Menurut informasi dari Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh mengemukakan kelak data kependudukan masyarakat untuk depan akan lebih praktis dan efisien.

"KTP-el tidak lagi dicetak seperti sekarang, tetapi langsung disimpan di HP penduduk. Nanti ada foto KTP-el dan QR Code," ujar Zudan melalui pesan singkatnya, Rabu (5/1/2022).

Baca Juga: Pembagian Sembako pada masyarakat Ile Lewotolok Yayasan HKI Kota Bekasi

Zulfan Arif Fakrulloh mengatakan bahwa e-KTP dalam bentuk QR code dapat mempercepat proses pelayanan publik yang membutuhkan data penduduk. Identitas digital juga diklaim lebih aman bagi penduduk Indonesia.

"Tidak ada lagi konsep KTP-el hilang. Apabila HP hilang, nanti minta lagi ke Dukcapil dikirim ke nomor HP yang baru," Papar Zulfan.

Baca Juga: Sejarah Pangeran Soka Atau Syekh Magelung Sakti

Kendati hingga pada saat ini, penggunaan QR Code e-KTP telah berhasil diuji coba pada 50 Kabupaten atau Kota yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Dimulai dari Bandung hingga Bima.

Akhir tahun yang lalu, pemerintah memang telah merencanakan akan menambahkan fungsi Nomor Induk Kependudukan (NIK), sebagai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) bagi wajib pajak orang pribadi.

Halaman:

Editor: Faisal Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kolaborasi antar Ceu Piyah dan Pengamen Biola Jalanan

Minggu, 16 Januari 2022 | 23:26 WIB
X