• Sabtu, 22 Januari 2022

Dugaan Ujaran Kebencian Oleh Habib Bahar Bin Smith, Polda Jabar Periksa Saksi, Bukti dan Jadwalkan Pemanggilan

- Sabtu, 1 Januari 2022 | 17:08 WIB
Dugaan Ujaran Kebencian Oleh Habib Bahar Bin Smith, Polda Jabar Periksa Saksi, Bukti dan Jadwalkan Pemanggilan (Image:Facebook Aang Alwi Alhasbi)
Dugaan Ujaran Kebencian Oleh Habib Bahar Bin Smith, Polda Jabar Periksa Saksi, Bukti dan Jadwalkan Pemanggilan (Image:Facebook Aang Alwi Alhasbi)

Jawa Barat, nuansasinar.com - Habib Bahar Bin Smith dilaporkan terkait dugaan ujaran kebencian yang mengandung unsur SARA. Penyidik Polda Jabar lakukan penyelidikan terkait kasus tersebut.

Dalam kasus ini, Bahar bin Smith dijerat dugaan tindak pidana menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian dan atau permusuhan individu dan atau kelompok berdasarkan SARA sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 28 ayat (2) Jo Pasal 45A ayat (2) UU RI Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan atau Pasal 14 dan Pasal 15 UU RI nomor 1 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana.

Sampai saat ini, Penyidik telah memeriksa 6 barang bukti dan 50 saksi.

Baca Juga: Tagar 'Percuma Lapor Polisi' Viral, Kapolri Ungkap Permintaan Maaf

“Adapun perkembangan sampai hari ini, saksi yang telah diperiksa bertambah menjadi total 50 orang dan 6 item barang bukti,” kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Sabtu (1/1/2022).

Para Penyidik lakukan pembagian klaster untuk mempermudah identifikasi para saksi. Pembagiaan dibagi menjadi 2, yakni klaster Bandung dan klaster Garut.

Klaster 1 sebanyak 15 saksi yaitu Bandung yang merupakan TKP Habib Bahar melakukan ceramah yang diduga mengandung ujaran kebencian . Klaster 2 sebanyak 10 saksi, yaitu Garut.

Dari saksi pelapor diperiksa sebanyak 4 orang dan saksi ahli sebanyak 21 orang.

Adapun barang bukti yang tambahan yang disita yaitu 1 buah flashdisk di klaster Bandung dan 1 buah hadlndphone di klaster Garut.

Halaman:

Editor: Soni Somantri

Artikel Terkait

Terkini

Kolaborasi antar Ceu Piyah dan Pengamen Biola Jalanan

Minggu, 16 Januari 2022 | 23:26 WIB
X