Ditemukan Lagi Korban Tewas Lapas Tanggerang Menjadi 44 Orang

Oleh: Rakhmat Sugianto

Tanggerang, MNS-Petugas menemukan kembali 3 napi insiden korban kebakaran di lapas kelas 1 Blok G Tangerang, dengan ditemukan lagi kini bertambah tiga orang menjadi 44 orang. Tiga orang korban yang ditemukan tersebut merupakan warga dari Provinsi DKI Jakarta, Banten, dan juga Jawa Barat.

"Pada hari ini bertambah lagi korban meninggal dunia tiga orang narapidana korban dari insiden kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang, ketiga narapidana meninggal di Rumah Sakit Umum Daerah Tangerang," ungkap Rika Apriyanti Kepala Bidang Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (PAS) Kemenkumham. (11/9/2021).

Rika Apriyanti kepala humas  dan protokol direktorat jenderal pemasyarakatan Kemenkumham  menjelaskan bahwa korban pertama diketahui bernama Hadiyanto bin Ramli yang bertempat tinggal di Jalan Lontar IV No 44 RT 13/04, kelurahan Tugu Utara, kecamatan Koja, Jakarta Utara, DKI Jakarta,  korban kedua Adam Maulana bin Yusuf Hendra, warga Kampung Cipeusing RT 03/05, kelurahan Cimerang, kecamatan Purbaya, kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dan korban yang ketiga bernama Timothy Jaya Bin Siswanto yang bertempat tinggal di Jalan Sabang Nomor 39, Taman Imam Bonjol, Tangerang, Banten.

Ketigan korban tersebut telah diketahui merupakan tahanan yang terjerat Pasal 114 Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 terkait Narkotika. "Ketiga napi insiden korban kebakaran adalah merupakan tiga dari delapan korban kebakaran yang mengalami luka berat dan dirawat di RSUD Tangerang, ketiga korban meninggal dunia di rumah sakit pada pagi dini hari dalam kondisi luka bakar yang serius.

"Iya betul, luas luka bakar 98 persen. Di jam 03.00 dan jam 06.00 an. Inisial lnya tuan T (46 tahun), tuan A (30 tahun), dan tuan H (50 tahun)." Ungkapnya Hilwani Humas RSUD tangerang.

Baca Juga :  Layanan ONS Tiki Jelek, Pelanggan Mengamuk

Ditjen PAS sebelumnya telah mencatat ada 41 orang yang meninggal dunia, delapan orang mengalami luka berat, dan 73 orang mengalami luka ringan.

Dengan adanya penambahan korban jiwa, jumlah warga binaan yang dinyatakan tewas atas insiden kebakaran tersebut menjadi 44 orang. Sementara saat ini masih mengalami luka berat dan dirawat di RSUD Tangerang sebanyak lima orang, serta selebihnya, yakni 73 orang mengalami luka ringan. Para korban diketahui merupakan tahanan lapas yang terbakar di blok C2 dengan jumlah penghuni sebanyak 122 orang.

Pada waktu dan kesempatan yang sama Kepala Instalasi Hukum Publikasi dan Informasi RSUD kabupaten Tangerang, Hilwani mengatakan tiga korban yang meninggal itu memiliki luka bakar 60 persen. Ada juga yang di atas 80 persen.

"Ada yang meninggal tadi kurang lebih satu jam yang lalu, dengan luas luka bakar diatas 60 persen," jelas Hilwani.

Hilwanipun menjelaskan perihal pasien yang pertama meninggal pada pukul 03.00 WIB, pasien kedua meninggal pukul 06.00 WIB dan pasien ketiga meninggal pukul 07.00 WIB. "Jadi sekarang total korban yang meninggal ada 3 pasien dengan luka yang dua itu dari jam tiga ada satu (pasien), jam 6 ada satu (pasien) dan luka bakarnya di atas 80%. Yang pertama jam tiga serta yang kedua jam enam dan yang ketiga jam tujuh," jelas Hilwani.

Pihak dari RSUD kabupaten Tangerang mengambil langkah untuk membawa jenazah ke instalasi pemulasaraan jenazah dan mengembalikan jenazah ke pihak keluarga. "Langkah selanjutnya yang meninggal ini sudah akan dibawa ke instalasi pemulasaraan jenazah kemudian akan dikembalikan ke keluarga," ungkap Hilwani.

Sebelumnya, 2 napi yang dirawat di RS juga diinformasikan meninggal dunia hari ini. Dua napi yang meninggal tersebut ialah Hadiyanto dan Adam Maulana.

Baca Juga :  Kapolda Banten Cek Pos Pam Lebaran di Perbatasan Jakarta

"Pada hari ini telah meninggal dunia narapidana korban kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang di Rumah Sakit Umum Daerah Tangerang, dengan nama sebagai berikut: Hadiyanto Adam Maulana, Timothy Jaya Bin Siswanto," ungkap Rika.

Dengan penambahan korban yang baru meninggal, sekarang jumlah total ada 44 napi yang tewas dalam peristiwa nahas itu. "Total 44," Pungkasnya Hilwani. (11/9/2021).

Ketiga napi yang meninggal hari ini sebelumnya menderita luka bakar bersama dengan 5 orang lainnya. Mereka dirawat di RSUD Tangerang. Para korban disebut mengalami luka berat.

Berikut ini identitasnya:

1. Nasrudin

2. Hadiyanto

3. Iwan setiawan alias Wanted

4. Tino Yuliarto

5. Timothy Jaya

6. Mardani alias Dani

7. Hariyanto alias Bule

8. Adam Maulana.

No Response

Leave a reply "Ditemukan Lagi Korban Tewas Lapas Tanggerang Menjadi 44 Orang"