Sandiaga Uno Lakukan Kunjungan Kerja Ke Desa Wisata Gegesik Kulon Kabupaten Cirebon

Cirebon,Nuansasinar.com-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno melakukan kegiatan kunjungan kerja ke Desa Wisata Gegesik Kulon, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon, Jawa barat. 09/09/2021.


Kedatangan Sandiaga Uno membuat warga masyarakat Desa Gegesik Kulon sangat antusias dan merasa bangga dapat bertatap muka langsung dengan Sandiaga uno, karena selama ini mereka hanya melihat di Televisi.

Kuwu Desa Gegesik Kulon dan Camat Gegesik dibantu para stafnya mempersiapkan berbagai kesenian, kerajinan tangan dan kebudayaan khas Cirebon untuk menyambut kedatangan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

Pemerintah Desa dan tokoh masyarakat sudah mempersiapkan jauh jauh hari dengan sedemikian rupa, seperti ada musik gamelan, mengadakan tarian juga Singa Barong milik Pemerintah Desa tersebut.

Baca Juga : Presiden Jokowi Kunker Ke Cirebon Dan Kuningan, Dalam Rangka Meninjau Vaksinasi Massal

Dalam kunjungan tersebut, Sandiaga Uno di dampingi oleh Bupati Cirebon Drs H Imron Rosyadi M.Ag dan wakil bupati Hj Wahyu Jiptaningsih S,E.,Ms.i, Bupati Provinsi, Camat Gegesik, Satpol PP, Jajaran TNI, Polri dan Satgas Pengawalan Menteri. Acara penyambutan kedatangan Sandiaga Uno digelar saat Menteri Pariwisata tersebut tiba, tepatnya di Balai Desa Gegesik Kulon, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Sandiaga Uno dipandu oleh Ibu Camat untuk memperkenalkan dan memperlihatkan macam macam keahlian kerajinan tangan karya dari masyarakat Gegesik Kulon Sendiri, seperti membuat kreasi Paksi Naga Lima yang terbuat dari kayu, Pelukis kaca. Ibu Camat juga memperlihatkan hasil kreasi dari masyarakat Gegesik, seperti asap cair dari batok kelapa untuk obat penangkal Virus Covid-19, makanan ringan khas Cirebon seperti opak angin, dodol asli buatan warga dan makanan khas masyarakat Gegesik Kulon, Kabupaten Cirebon.

Baca Juga :  Polresta Cirebon Bagikan 400 Paket Sembako Untuk Warga Slum Di Dua Desa

"Saya sangat berharap kepada Menteri Pariwisata Bapak Sandiaga Uno untuk turut mendukung kreatifitas masyarakat Gegesik Kulon mengenai potensi dari seni budaya warisan nenek moyang yang ada didesa kita. Saya hanya bisa memberikan suport dengan banyaknya aneka ragam seni budaya kearifan lokal. Kami mencoba gali lagi warisan leluhur jaman dulu untuk dilestarikan kembali, khususnya kesenian dan kebudayaan desa kami", Ungkap Gatot Sutrisno Kuwu Desa Gegesik Kulon.(9/9/2021).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pun menyanggupi untuk membantu mempromosikan kesenian dan kebudayaan dari Desa Gegesik Kulon.

"Basis saya adalah seorang pengusaha, dengan melihat banyak potensi yang baik dan positif di Desa Gegesik Kulon, saya akan mendukung dan mengajak bekerjasama dengan Pemerintah Daerah lain. Mari kita berkolaborasi untuk mendongkrak Desa Wisata yang ada di Desa Gegesik ini", Pungkas Sandiaga Uno.

Setelah melihat semua keanekaragaman kerajinan tangan dan seni tari topeng, Sandiaga Uno pun diajak untuk melihat pertunjukan Wayang Kulit di Pendopo Kesenian dengan menaiki odong odong bersama Bupati, Wakil Bupati, Camat, Kuwu dan dikawal oleh Satgas Pengaman. Tempat Pendopo Kesenian tak jauh dari Balai Desa Gegesik Kulon, jaraknya sekitar 200 meter.

Rakhmat sugianto

author
No Response

Leave a reply "Sandiaga Uno Lakukan Kunjungan Kerja Ke Desa Wisata Gegesik Kulon Kabupaten Cirebon"