Aset Wisata Premium Bukan Hanya Labuan Bajo

No comment 188 views

Nuansasinar.com,-Aset wisata premium bukan hanya Labuan Bajo, salah satu tempat yang kaya akan keindahan alam dan budaya. Keindahan alam tersebut dapat dijumpai di beberapa titik lokasi sepeti Batu Cermin, Taman Nasional Komodo, Pulau Padar, Bukit Sylvia, Pantai Pink, Sarang Laba-laba dan sebagainya.

LABUANBAJO,Nuansasinar.com,-Aset wisata premium bukan hanya Labuan Bajo, salah satu tempat yang kaya akan keindahan alam dan budaya. Keindahan alam tersebut dapat dijumpai di beberapa titik lokasi sepeti Batu Cermin, Taman Nasional Komodo, Pulau Padar, Bukit Sylvia, Pantai Pink, Sarang Laba-laba dan sebagainya. Beberapa objek wisata yang disebutkan di atas masing-masing memiliki nilai estetika.

Sedangkan dalam hal wisata budaya diantaranya Tarian Caci dan produk kerajinan tenun Songke yang menjadi warisan leluhur. Sehingga tidak heran jika Labuan Bajo ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal hingga internasional. Hampir setiap hari kita dapat menjumpai warga asing mengunjungi objek wisata yang disebutkan di atas.

Kekayaan alam dan budaya menjadikan Labuan Bajo sebagai salah satu kota pariwisata Super Premium. Beberapa tempat lainnya adalah seperti Toba, Borobudur dan Mandalika. Predikat ini diumumkan oleh Presiden RI Joko Widodo. Dikutip dari laman SUNSPIRIT for Justice and Peace, bahwa wisata premium sendiri dimaksudkan sebagai upaya untuk membatasi jumlah kunjungan wisatawan dan menerapkan harga mahal bahkan menerapkan sistem kuota.

Penobatan tersebut menghendaki perubahan pada berbagai aspek sebagai penunjang dari wisata premium.
Saat ini dapat kita saksikan dari segi penataan kota mencakup penataan Taman Nasional Komodo, perbaikan infrastruktur jalan dan sebagainya masif dilakukan. Hal ini mulai dibenahi yaitu semenjak Labuan Bajo menyandang sebagai status Super Premium pada Juli 2019 lalu.

Salah seorang pemilik Cenggo Cafe di kecamatan lembor, kabupaten Manggarai barat NTT Agustinus Nani dan Jul Fikram menyampaikan pendapatnya mengenai parawisata premium internasional Labuanbajo.

"Dalam konteks budaya dan karakter parawisata premium ini dari prespektif masyarakat bahwa, parawisata super premium ini adalah segala sesuatu yang ada dalam wilayah dan sudah memiliki nilai estetika dalam memberikan kenyamanan masyarakat setempat bahkan orang lain," tuturnya.

lebih lanjut ia menyampaikan, Kota Labuan Bajo belum bisa di katakan sebagai wisata premium internasional dan aset wisata premium bukan hanya Labuan Bajo.

"Manggarai Barat bukan hanya Labuan Bajo, karena kota Labuan Bajo banyak kekurangan seperti kurangnya air bersih dan kurangnya generasi millenial yang paham bahasa asing," ujar Agustinus Nani, Pemilik Cenggo Cofe.

Cafe Cenggo adalah salah satu aset wisata premium internasional yang ada di Labuan Bajo, kabupaten Manggarai Barat NTT, yang memiliki nilai estetik dalam bentuk pembangunan Cafe dan isi dalam Cafe itu sendiri.

Pandangan terpisah, menurut Jul Fikram mengenai pariwisata premium internasional Labuan Bajo berpendapat, bahwa sebagian generasi Intelektual dan sebagai masyarakat yang di lahirkan dari tanah leluhur Manggarai Barat berspektif tidak sepakat adanya parawisata premium yang berlandaskan sesuatu dengan sebelah pihak dengan maksud parawisata premium internasional.

"Tidak sepakat adanya parawisata premium yang berlandaskan sesuatu dengan sebelah pihak dengan maksud parawisata premium internasional. Ini harus di lahirkan dari kreativitas masyarakat setempat dan menata seluruh tempat-tempat yang ada di kabupaten Manggarai barat," katanya.

(Akbar Tanjung)

author
No Response

Leave a reply "Aset Wisata Premium Bukan Hanya Labuan Bajo"