Wakil Bupati Memberikan Sambutan Peresmian Pencanangan Desa Mitra Inovasi Teknologi Kelautan dan Perikanan

banner 160x600
banner 468x60

PANGANDARAN. Nuansasinar.com,-Kemajuan atau sejahtraan masyarakat suatu daerah dipengaruhi oleh Sumber daya alam, Sumber daya manusia dan Sumber permodalan. Hal tersebut dikatakan Wakil Bupati Pangandaran H. Ujang Endin Indrawan saat memberikan sambutan peresmian Pencanangan Desa Mitra Inovasi Teknologi Kelautan dan Perikanan, bertempat wilayah Desa Cintakarya Kecamatan Parigi. Selasa (16/03/2021).

"Pembudidayaan ikan tawar untuk daerah Kabupaten Pangandaran sudah dimiliki semuanya, terlebih Pangandaran sudah memiliki perguruan tinggi bidang perikanan dan kelautan, yang tugasnya mengembangkan keilmuan tentang perikanan dan kelautan serta mberikan pengabdian pada masyarakat", ungkap H.Ujang Endin Indrawan.

Ia juga menyampaikan, bahwa Desa Cintakarya Kecamatan Parigi hasilnya bagus dan maximal dalam budidaya ikan tawar, karena memiliki sumber resapan air yang banyak, semuanya harus bisa dijaga bersama sama oleh kita untuk kebutuhan masyarakat banyak.

Acara peresmian Pencanangan Desa Mitra Inovasi Teknologi Kelautan dan Perikanan dihadiri oleh Camat Parigi, Kepala Desa Cintakarya, Kepala Desa Cintaratu, Kadis DKPKP dan jajaran, Direktur Poltek KP Pangandaran, para calon Pemodal dan beberapa Tokoh serta Unsur masyarakat.

Dalam acara tersebut, Wakil Bupati juga meninjau ke lokasi penanaman ikan Daerah kabupaten Pangandaran yang sangat berpotensi untuk pengembangan ikan tawar, karena wilayahnya yang memiliki sumber mata air yang tak pernah surut dan bukan di wilayah kecamatan Parigi saja, seperti halnya wilayah kecamatan Langkaplancar dan Cijulang juga wilayah lainnya.

Kebdati demikian, permasalahan di masyarakat yang ada dalam budidaya ikan ini, disamping kurangnya memahami bidang teknologi juga masalah permodalan.

"Sekarang sudah ada yang akan memberikan bimbingan teknologi dan memberikan pinjaman permodalan, kita harus mampu menciptakan kerjasama yang baik, jangan sampai terjadi siap menerima pinjaman akan tetapi tidak siap untuk membayar pinjaman, seharusnya siap untuk mengembalikan pinjaman yang telah diterima", ungkapnya.

"kita semuanya harus semangat dalam mengolah alam yang dimiliki, setiap kegiatan antara perguruan tinggi dan masyarakat jangan sampai hanya terjadi kegiatan serimonial saja, akan tetapi masyarakat harus tambah semangat dan perguruan tinggi harus terus berikan edukasi pada masyarakat, agar tujuan untuk mensejahterakan petani ikan di masyarakat akan tercapai sesuai program", pungkasnya.

(Rachmat)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Wakil Bupati Memberikan Sambutan Peresmian Pencanangan Desa Mitra Inovasi Teknologi Kelautan dan Perikanan"