Wagub Jabar Didampingi Bupati Cirebon Resmikan SMKN 1 Gunung Jati

banner 160x600
banner 468x60

CIREBON. Nuansasinar.com,-Kunjungan Wagub Jabar H. Uu Ruzanul Ulum ke SMKN 1 Gunung Jati di dampingi oleh Bupati Cirebon meresmikan SMKN 1 gunung jati. Acara kunjungan dan peresmian berlokasi di Desa Babadan Mayung Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon jawa barat. Kamis (25/03/2021).

Acara dimulai dari pukul 7:00 WIB dengan di awali pembacaan doa oleh murid SMKN 1 Gunung Jati, acara pun di lanjutkan dengan pembukaan pemukulan Gong oleh Bupati Cirebon dan dilanjut ke acara penanda tanganan prasasti dilakukan oleh Wagub Jawa Barat.

Dalam peresmian tersebut dihadiri oleh Kepala Disdik Jawa Barat, Kapolsek Gunung Djati, Danramil Gunung Djati tokoh masyarakat dan dari unsur elemen masyarakat yang turut menghadiri acara tersebut.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Jawa Barat mengatakan dengan hadirnya lembaga pendidikan, memang harus lebih memberikan manfaat bagi siswa yang lulus dan juga bermanfaat bagi masyarakat di sekitarnya.

"Dengan Salah satunya meningkatkan peran lulusan SMK, baik untuk melanjutkan sekolah maupun berwira usaha demi masa depan pembagunan daerah kabupaten cirebon dan sekitarnya." katanya Uu sambil memberikan semangat kepada para siswa yang telah lulus.

Namun realitanya siswa maupun siswi lulusan SMKN 1 Gunung Jati Sebagai penyumbang angka pengangguran.
Lanjutnya, melalui program SMK membagun desa, dihimbau agar kepala sekolah SMKN 1 Gunung Jati untuk mengarahkan lulusanya agar bisa kembali ke desanya masing-masing untuk mengembangkan ilmu yang di dapatkan selama 3 tahun siswa atau siswi belajar di SMKN tersebut.

“Lulusan SMK harus bisa membagun desa, sebab pembelajaran di SMKN 1 Gunung Jati sangat banyak potensi mulai dari pariwisata, otomotif dan kejuruan lainnya. Karena untuk saat ini, saya melihat sekolah hanya membanggakan infrastrukturnya saja bukan kualitas dan mutu pendidikan murid muridnya yang lulus,” ungkap Wagub.

Wakil gubernur jawa barat H. Uu ruzanul ulum juga menegaskan kepada Kepala sekolah harus memberikan pemahaman kepada anak muridnya.

Dalam waktu yang sama bupati cirebon menambah dengan menegaskan kepada kepala sekola agar murid muridnya di arahkan bagaimana bisa menciptakan lapangan pekerjaan sesuai dengan program Gubernur Jawa Barat yaitu Desa Juara, kerja di desa tapi rejeki kota.

Dirinya menyayangkan, sebanyak 43 persen adalah lulusan dari SMK di Jawa Barat, lulusannya lebih memilih bekerja di kota, ketimbang harus memilih daerah asalnya. Dalam hal ini pemerintah provinsi Jawa Barat khawatir, bila pemikiran itu masih di terapkan, maka lapangan pekerjaan akan sulit di dapatkan dan menimbulkan permasalahan sosial lebih luas. Pungkasnya bupati cirebon H. Imron saat di konfirmasi oleh awakn media nuansa sinar di lokasi.

(Fahyudin/Casmad)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Wagub Jabar Didampingi Bupati Cirebon Resmikan SMKN 1 Gunung Jati"