Tiga Warga Binaan Lapas Kelas ll B Waykanan Peroleh Remisi Hari Raya Nyepi 2021

banner 160x600
banner 468x60

WAYKANAN. Nuansasinar.com,-Sebagai wujud hadirnya negara dalam memberikan penghargaan dan perhatian kepada warga binaan, Tiga warga binaan lapas kelas ll B Waykanan berkelakuan baik peroleh remisi hari raya Nyepi tahun 2021. Pemberian remisi kepada tiga warga binaan lapas kelas IIB Waykanan berlangsung di GazeBu Lapas kelas llB Waykanan. Minggu (14/03/2021).

Direktur Jenderal Pemasyarakatan Reynhard Silitonga menjelaskan bahwa usulan pemberian remisi yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia tersebut dilakukan secara daring melalui Sistem Database Pemasyarakatan (SDP).

"Keputusan tersebut selain sebagai wujud kehadiran negara dalam memberikan penghargaan dan perhatian bagi narapidana, juga sebagai motivasi bagi narapidana", ucapnya.

Kepala Lapas Kelas IIB Way Kanan Syarpani dalam keterangan persnya mengatakan, bahwa Remisi adalah Hak Narapidana yang diberikan jika telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif, seperti telah menjalani pidana minimal 6 bulan, tidak terdaftar pada register F, serta turut aktif mengikuti program pembinaan di lapas atau rutan sedangkan remisi khusus Hari Raya Nyepi diberikan kepada narapidana beragama hindu pada hari besar keagamaan.

Syarpani berharap agar remisi memberikan motivasi tersendiri dan bukti perwujudan negara hadir dan memperhatikan warganya.

“Remisi yang diberikan diharapkan dapat memotivasi narapidana untuk mencapai penyadaran diri yang tercermin dari sikap dan perilaku sehari-hari. Pemberian remisi juga merupakan wujud negara hadir untuk memberikan perhatian dan penghargaan bagi narapidana untuk selalu berintegritas, berkelakuan baik selama menjalani pidana, tidak melakukan pelanggaran-pelanggaran yang telah ditentukan,” kata Syarpani.

Syarpani memastikan di tengah pandemi Covid-19, hak-hak Warga Binaan Pemasyarakatan, seperti pemberian remisi, hak integrasi, layanan kunjungan online, layanan kesehatan, dan lainnya tetap dilayani.

“Kami pastikan hak-hak Napi terpenuhi meski wabah corona merebak, kita sudah koordinasi dengan instansi terkait untuk penanganannya”, tutup mantan Kasubag Humas Ditjenpas ini.

Pemberian remisi atau pengurangan masa pidana diberikan kepada narapidana sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan (Lembaran Negara Tahun 1995 Nomor 77, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3614) dan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak WBP (Lembaran Negara Tahun 1999 Nomor 69, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3846), perubahan pertama : Peraturan Pemerintah No. 28 Tahun 2006, perubahan kedua : Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2012, serta Keputusan Presiden No. 174 /1999 tentang Remisi.

(Red)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Tiga Warga Binaan Lapas Kelas ll B Waykanan Peroleh Remisi Hari Raya Nyepi 2021"