SUTET PLN Roboh, Warga Cibogo Kabupaten Bandung Keluhkan Pembangunannya

BANDUNG,Nuansasinar.com,-Warga sekitar Pembangunan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) PLN 500 KV di wilayah RT 03 RW 12 Kampung Cibogo, Desa Cikalong, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, mendapat penolakan warga dan mengancam memberhentikan sementara pembangunannya.

Keinginan warga itu mengemuka, setelah salah satu sutet yang tengah dipasang itu roboh. Sehingga warga sekitar menjadi khawatir. Apalagi pihak pemborong maupun PLN Ciliwung sendiri tidak memberi kepastian jaminan keselamatan.

Keluhan tersebut, bisa warga sampaikan kepada PLN setelah dimediasi pihak LSM KOMPAS, dikediaman Ketua RT setempat, pada Jumat (07/5/2021).

"Jangankan relokasi untuk keselamatan, konpensasi yang dijanjikan pihak pemborong kepada kami tak kunjung direalisasikan. Sampai saat ini, listrik dan air yang selama ini mereka pakai belum diganti. Saya padahal sudah beberapa kali menanyakan hal itu, tapi mereka malah saling tuding," ungkap Dede.

Hal yang sama juga dikeluhkan, Kang Endut, salah satu warga yang tanahnya dipakai jalan para pekerja pembangunan SUTET. Menurutnya, pihak pemborong tidak punya itikad baik kepada warga.

"Saya sudah tidak bagaimana baik, tanah saya pribadi yang dipakai mereka untuk hilir mudik membawa peralatan dan bahan besi untuk SUTET, tidak saya persoalkan. Tapi klo kejadiannya begini saya tidak rela, mungkin nanti akan saya tutup jalannya kalau pihak pemborong maupun PLN tidak mau mengerti keluahan kami," ancamnya.

Dilain pihak, Hilmi, Supervisor perijinan dan pertanahan PLN Ciliwung berjanji akan menyampaikan keluhan warga kepada pihak management PLN. Dirinya mengaku, tidak bisa langsung memutuskan lantaran bukan wewenangnya.

Namun pada dasarnya PLN sendiri tidak menghendaki peristiwa ini. Kendati demikian, pihaknya mengaku akan mengkaji ulang dan memanggil pihak pemborong untuk segera menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Terutama kewajiban terhadap warga yang belum terselesaikan.

Diketahui, saat ini warga cibogo telah meminta bantuan dan advokasi kepada LSM KOMPAS (Koordinat Masyarakat Pejuang Aspirasi).

(Red)

author
No Response

Leave a reply "SUTET PLN Roboh, Warga Cibogo Kabupaten Bandung Keluhkan Pembangunannya"