Rekor Muri Kaulinan Tradisional

No comment 54 views
banner 160x600
banner 468x60

CIANJUR,Nuansasinar.com,-Bupati Cianjur H. Herman Suheriman menghadiri acara pemecahan rekor muri Kaulinan Tradisional khas Jawa Barat.
Acara pemecahan rekor muri kaulinan tradisional dimulai dari pukul 7:00 sampai dengan selesai dan acara tersebut diselenggarakan di taman pancaniti pendopo pemerintah kabupaten Cianjur Jawa Barat. Kamis (08/4/2021).

"Zaman boleh maju, teknologi boleh baru dan modern, tetapi karakter baik penuh bahagia harus tetap terpelihara. atas nama pribadi dan pemerintah kabupaten Cianjur memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada segenap jajaran pengurus Jabar Bergerak (Jaber) kabupaten Cianjur yang difasilitasi oleh Jabar Bergerak (Jaber) pusat yang telah menggagas ide cemerlang melalui pementasan permainan kaulinan tradisional khas Jawa Barat secara virtual", ujar bupati cianjur H herman suherman.

Acara pemecahan rekor muri kaulinan tradisional dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, H. Dedi Sopandi, S.STP. Pj. Sekda Dodit Ardian Pancapana, S.T.,M.Sc., Asda I Kab. Cianjur, Asep Suparman, S.Sos., M.Si., Jajaran Pengurus Jabar Bergerak Pusat dan kabupaten Cianjur, Unsur Forkopimda Cianjur, Kepala OPD Kabupaten Cianjur serta Tamu Undangan.

"Pada era digital anak anak cenderung lebih mengenal permainan modern yang diakses oleh smartphone yang berbasis gawai, ketimbang bermain di halaman dan alam bebas, sementara itu permainan atau kaulinan tradisional seperti sondah, enggrang, congklak, damdaman, oray-orayan, gatrik dan lain-lain lebih bersifat komunal sehingga bisa menjadi ajang bersosialisasi. dalam permainan tradisional itu pula kita akan menjumpai nilai nilai dan filosofi yang berguna bagi perkembangan karakter bangsa di kemudian hari. seperti jiwa kegotong royongan, sportivitas, kejujuran, kebersamaan serta saling menghargai dengan penuh kegembiraan", paparnya.

Kegiatan pementasan permainan kaulinan tradisional khas jawa barat secara virtual. tentu saja merupakan persembahan masyarakat Cianjur untuk indonesia dan dunia. sehingga secara simbolis memperoleh penghargaan dari museum rekor indonesia (MURI). kegiatan yang awalnya akan diikuti oleh 20.021 peserta, kini telah melampaui angka 30.953 dengan jumlah video yang masuk ke panitia mencapai 5.000 video.

Terakhir Bupati Cianjur seraya menyampaikan ucapkan terima kasih, khususnya kepada Jabar Bergerak serta pihak-pihak lain, hingga terselenggaranya kegiatan yang fenomenal itu, selamat untuk Jabar Bergerak kabupaten Cianjur.

"Sungguh pencapaian yang sangat luar biasa”, cetusnya.

Sementara itu ketua umum yang sekaligus pendiri Jabar Bergerak Pusat Hj. Atalia Praratiya Ridwan Kamil dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa Jawa Barat dan khususnya Kabupaten Cianjur memiliki aneka ragam permainan atau kaulinan tradisional yang khas dan patut dilestarikan. Pemerintah provinsi jawa barat dan pemerintah kabupaten Cianjur terus berupaya agar aneka jenis dan ragam kaulinan tradisional sebagai warisan budaya bangsa itu tidak hilang terlindas peradaban yang nihil dari nilai nilai sosial kemanusiaan.

Dalam waktu yang bersamaan Atalia menjelaskan jabar bergerak kabupaten Cianjur saat ini tengah melakukan berbagai ragam kebaikan termasuk melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak dalam rangka membantu program program pemerintah yang sudah lama baik semakin baik lagi dan kooperatif.

“Pada hari ini Jabar Bergerak menghadirkan program-program kekinian sesuai dengan kebutuhan jaman, jadi saya melihat bahwa kabupaten ini sudah menghadirkan program jabar bergerak yang kolaboratif, inovatif, termasuk juga aktif dan solutif yang bisa memberikan manfaat bagi masyarakat", ungkap Atalia.

Sementara itu ketua Jaber Cianjur dr. Yusup Nugraha menyampaikan bahwa maksud dan tujuan kegiatan tersebut dalam rangka memperingati HARDIKNAS untuk membangkitkan dan melestarikan kembali kearifan lokal di kalangan genarasi muda, upaya menumbuhkan nasionalisme di kalangan pelajar.

Teknik Pelaksanaan Off Line dari peserta terkirim 10 Maret – 3 April 2021, On Line di 6 titik penyelenggaraan : Pancaniti, SLB Permata Ciranjang, SMPN 2 Cianjur, SMKN 1 Pacet, SMAN 1 Cisarua Kab. Bandung Barat, SMAN 3 Kota Sukabumi.

Peserta SLB, SD, SMP, SMA, SMK, Masyarakat. Umum Diikuti: 356 sekolah/lembaga, Jumlah Video 8431, Peserta 35483 target 20021, Keterlibatan 26 kota/kabupaten, 3 partisipasi terbesar kab. Cianjur, Kab. Sukabumi & Kota Sukabumi.

Sedangkan Jenis Permainannya meliputi : 1) Sondah/engkle 5768 peserta, 2) Sepintrong 4279, 3) Oray-orayan 6578, 4) Bebentengan 4031, 5) Bakiak 3152, 6) Egrang 1399, Lainnya 10070.

Video Favorit 1)SLB ABC Bina Bangsa, SLB AB Bina Asih, SLB Permata, 2)SDN Sukatani, SDN Bojongherang 1, SDN Cihurip, 3) SMPN 2 Cianjur, SMPN 2 Cikalongkulon, SMPN 1 Ciranjang, 4)SMAN Surade Sukabumi, SMAN 1 Ciranjang, SMAN 1 Sindang Indramayu, 5)SMKN 1 Cipanas, SMKN 1 Pasirkuda, SMKN 1 Sukalarang.

(Rakhmat sugianto/ Hojanah)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Rekor Muri Kaulinan Tradisional"