Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pangandaran Pandangan Umum Fraksi PDI – Perjuangan

PANGANDARAN,Nuansasinar.com,-Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pangandaran Pandangan Umum Fraksi PDI - Perjuangan. Atas Rancangan Peraturan Daerah Tentang Pertanggungan Jawab Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2020. Jumat (16/7/2021).

Fraksi PDI - Perjuangan dalam penyampaiannya pandangan umum dihadiri Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata, Wakil Bupati Pangandaran H. Ujang Endin Indrawan, Pimpinan DPRD Kabupaten Pangandaran, Unsur Forkopimda Kabupaten Pangandaran.

Rekan-rekan Anggota DPRD Kabupaten Pangandaran, Sekretaris Daerah, Para Asisten, Staf Ahli, Kepala dinas /Badan, Para Camat, Kepala Bidang SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Pangandaran dan para tamu undangan lainnya.

Fraksi PDI Perjuangan dalam menyampaikan pendapatnya dalam menyampaikan amanah dan tugas kelembagaan yang diemban, tetap mengindahkan protokol kesehatan Covid-19.

Menurut Fraksi PDI Perjuangan berdasarkan hasil uraian penyampaian Rancangan Perda Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD oleh Bupati, sesuai dengan Permendagri Nomor 77 Tahun 2020 Tentang Pedoman Teknis pengelolaan keuangan daerah yang dimanfaatkan untuk  menilai kondisi keuangan pemerintah daerah dalam melaksanakan kegiatan operasional pemerintah.

Mengevaluasi efektifitas dan efisiensi suatu entitas pelaporan serta membantu dalam penentuan kepatuhan terhadap peraturan perundang undangan yang berlaku.

Selanjutnya berdasarkan hasil rekapitulasi realisasi anggaran belanja daerah menurut urusan pemerintah daerah, Organisasi, Program dan kegiatan tahun anggaran 2020, mengetahui bahwa anggaran urusan wajib pelayanan dasar terealisasi sebesar 32,60 Persen yang meliputi pendidikan sebesar 21,34 Persen, Kesehatan sebesar 18,62 Persen dan pekerjaan umum sebesar 54,55 Persen.

Sedangkan pada sektor pendidikan pemerintah daerah menyalurkan bantuan untuk meningkatkan sarana prasarana pendidikan DI 53 SMP pada 10 kecamatan yang ada dan melakukan pembinaan minat dan bakat siswa dengan cukup serius.

Selain itu Kegiatan Pangandaran Hebat untuk SD Negri dan SMP Negri perlu dilakukan evaluasi untuk meningkatkan performa program tersebut, sedangkan Sektor Kesehatan Pemerintah daerah fokus dalam pendampingan operasional RSUD, pengadaan gas medis RSUD, pengadaan alat kesehatan rehabilitasi medik dan pelayanan radiologi, uji kompetensi tenaga fungsional kesehatan dan pengadaan alat kesehatan penanggulangan Covid-19.

Mengapresiasi kinerja pemerintah daerah khususnya dalam sektor pekerjaan umum yang meliputi Peningkatan jalan dan jembatan, tabat beton, pembangunan tangki septik skala 1pedesaan, pembangunan sumur bor, rehabilitas jaringan irigasi, pembangunan rehabilitasi drainase dan normalisasi sungai , dalam memilih prioritas pembangunan ditengah pandemi Covid-19 tidak mudah.

Diharapkan pemerintah daerah dapat memberikan perhatian dan usahanya dalam meningkatkan wawasan kebangsaan dan kesadaran masyarakat terhadap nilai _ nilai luhur budaya bangsa, pemberdayaan parkir miskin dan penyandang masalah kesejahteraan sosial.

Peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja serta pelatihan bagi masyarakat melalui tenaga kerja mandiri, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, pemberdayaan masyarakat dan desa, seminar wira usaha pemuda, dalam urusan pilihan diharapkan pemerintah daerah dapat melakukan evaluasi pada pelayanan ke agamaan dalam sektor perikanan budidaya dan pariwisata harus dapat memberikan hasil seperti yang diharapkan bersama.

Sehingga dalam penyampaian pendapatnya fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menerima dan menyetujui Rancangan PERDA Tentang Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020, untuk mendapat pembahasan pada tahapan selanjutnya.

(Rachmat)

author
No Response

Leave a reply "Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pangandaran Pandangan Umum Fraksi PDI – Perjuangan"