Pencairan Dana BPUM 1,2 Juta di BNI Jember

No comment 135 views

 

JEMBER,Nuansasinar.com,-Pencairan dana bantuan dari pemerintah, program Bantuan Bagi Usaha Mikro (BPUM), dicairkan BNI Kantor Cabang Jember. Pencairan hari ini merupakan hari kedua.

Deitamoni Nasution, Pimpinan Bidang Pelayanan BNI Kantor Cabang Jember, mengatakan kepada Wartawan Jurnal Metropol, BNI sebagai anggota Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) ditunjuk untuk menyalurkan dana bantuan BPUM tahun 2021.

Deitamoni menjelaskan, “Kami diberi tanggungjawab mencairkan empat puluh empat ribu penerima manfaat,” Jum’at (16/4/2021).

Simon sapaan Pimpinan Pelayanan BNI Jember, “Kami memiliki delapan outlet pelayanan mulai dari Bondowoso, Pasar Tanjung, Kalisat, Balung, Ambulu, Rambipuji dan Tanggul.

Sementara itu Pimpinan Bidang Operasional BNI Kantor Jember, Harson, menambahkan penjelasan Simon. “Setiap nasabah menerima dana satu juta dua ratus ribu rupiah,” ucapnya.

Ia juga mengatakan, syarat pembukaan blokir rekening (dana sudah masuk ke rekening nasabah) nasabah wajib membawa KTP asli, Kartu Keluarga asli, dan Surat Pertanggung Jawaban Mutlak, dan buku tabungan.

Pencairan BPUM tidak hanya di BNI tetapi bank anggota Himbara lainnya juga bisa seperti BRI, Mandiri, dan BTN.

“BNI bekerjasama dengan PNM Mekaar Jember dan berkoordinasi dengan dinas koperasi,” ungkap Harson.

Dari pantauan wartawan, masyarakat sangat antusias datang ke BNI. Hal ini dimaklumi sebab sekarang sudah memasuki bulan puasa dan Lebaran sudah di depan mata. Masyarakat membutuhkan cash money khususnya untuk modal usaha jelang Lebaran.

Di bagian lain Kabagops Polres Jember, Kompol Agus Suparyono, mengatakan, pihak Polres menerjunkan personil untuk mengatur masyarakat yang ingin mencairkan dana BPUM di BNI Jember.

“Dari Polres menerjunkan sepuluh personil untuk memastikan masyarakat mematuhi protokol kesehatan,” kata Agus.

Kabagops Polres Jember menambahkan, melihat antusiasme masyarakat datang ke BNI ternyata tidak semuanya ingin mencairkan.

“Ada yang datang hanya ingin menanyakan seputar BPUM. Ada dari mereka yang termakan isu sehingga berbondong-bondong ke sini,” katanya.

Pihak aparat kepolisian berhasil mengurai kerumunan sehingga antrian bisa dikendalikan. Personil Polres bekerja sama dengan pegawai bagian umum dan security BNI melakukan pembatasan, pintu gerbang diberlakukan sistem buka tutup. Pelayanan pencairan BPUM di basemen sementara layanan lainnya tetap di lantai 1 BNI.

(Sigit/Myd)

author
No Response

Leave a reply "Pencairan Dana BPUM 1,2 Juta di BNI Jember"