Pemilihan Kepala Kampung Gelombang III Tahun 2021 Di Kabupaten Way Kanan

WAYKANAN,Nuansasinar.com,-Rillis Video Conference Dalam Rangka Pemungutan Suara Pemilihan Kepala Kampung Gelombang III Tahun 2021 Di Kabupaten Way Kanan. Di GOR Kampung Umpu Bhakti Kecamatan Blambangan Umpu
Kamis (27/5/2021).

Dalam sambutan tertulis Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M menyampaikan ucapan diantaranya kepada,
Direktur Jenderal PMD Kementerian Dalam Negeri DR Yusnarto Huntoyungo, M.Pd, Bapak Gubernur Gubernur Lampung, Bupati se-Provinsi Lampung, Ketua DPRD Kabupaten Way Kanan, Kapolres Way Kanan, Dandim 0427 Way Kanan dan Kajari Way Kanan, Sekda, Para Asisten, Staf Ahli Bupati, Inspektur, Sekwan, Kepala Badan, Kepala Dinas dilingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan, dan hadirin yang berbahagia.

Mengawali sambutan ini marilah terlebih dahulu kita memanjatkan puji syukur Alhamdulillah ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, bahwa atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga kita masih diperkenankan berkumpul dan bersilaturrahmi di tempat ini untuk melaksanakan acara Video Converence dalam Rangka Pemungutan Suara Pemilihan Kepala Kampung Gelombang ke III tahun 2021 di Kabupaten Way Kanan dalam keadaan sehat walafiat.

Shalawat beriring salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita, panutan kita, Nabi Besar Muhamad SAW, Keluarga, Sahabat dan penerus beliau yang selalu kita nantikan syafa’atnya di Hari Qiyamah kelak, aamiin ya robal alamin.

Bapak Dirjen PMD, Bapak Gubernur dan hadirin yang saya hormati,
Pemilihan kepala Kampung Gelombang ke III tahun 2021 di Kabupaten Way Kanan merupakan pemilihan Kepala Kampung yang ditunda pada tahun 2020 karena negara kita menghadapi pandemi Covid-19 hingga saat ini. Pemilihan Kepala Kampung di Kabupaten Way dilaksanakan pada 85 Kampung di 15 Kecamatan. Dalam menjalankan pemerintahan di Kampung sebelum memiliki kepala kampung definif, Pemerintah Kabupaten Way Kanan menunjuk Penjabat Kepala Kampung dari PNS dilingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan.

Terlaksananya Pemilihan Kepala Kampung di Kabupaten Way Kanan pada hari ini tidak terlepas dukungan dari Bapak Dirjen PMD Kementerian Dalam Negeri, yang telah menerbitkan dan memberikan rekomendasi Kepada Pemerintah Kabupaten Way Kanan untuk melaksanakan Pemilihan Kepala Kampung di masa Pandemi ini.

Selain itu, bimbingan dari Pemerintah Provinsi Lampung, DPRD Kabupaten Way Kanan, Polres Way Kanan, Kodim 0427 Way Kanan, Kejari Way Kanan dan semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu yang selalu mendukung segala bentuk persiapan Pemilihan Kepala kampung, sehingga dapat terlaksananya pemungutan suara pada hari ini.

Bapak Dirjen PMD, Bapak Gubernur dan hadirin yang saya hormati,
Dengan terbitnya Permendagri Nomor 72 tahun 2020, maka adanya beberapa perbedaan Pemilihan Kepala Kampung tahun 2021 ini karena dilaksanakan di masa Pandemi. Pemerintah Kabupaten pun segera melaksanakan perubahan Peraturan Bupati menyesuaikan dengan Peraturan Menteri tersebut, mulai dari setiap TPS maksimal hanya diperbolehkan 500 DPT/Pemilih, menyiapkan Protokol Kesehatan pada setiap TPS dan pelaksanaan pemungutan suara sampai pukul 12.00 WIB.

Perlu diketahui sebelum diterbitkannya Permendagri Nomor 72 tahun 2020 dimaksud, Pemerintah Kabupaten Way Kanan mengatur Pemilihan Kepala Kampung di Kabupaten Way Kanan hanya terdapat pada 1 TPS dan pelaksanaan pemungutan suara dilaksanakan sampai dengan pukul 13.00 WIB.

Tentunya pengaturan dimaksud untuk tetap menjalankan pesta demokrasi pada tingkat Kampung agar diperoleh Pemimpin yang diharapkan Masyarakat dengan tetap menjaga Kesehatan Masyarakat serta tidak memperluas penyebaran Covid-19.

Bapak Dirjen PMD, Bapak Gubernur dan hadirin yang saya hormati,
Perlu kami juga laporkan bahwa segala bentuk tahapan dari Pembentukan Panitia sampai dengan pemungutan Suara pada hari ini kami laksanakan dengan menerapkan Protokol kesehatan yang ketat.

Khusus sebelum Pemungutan suara, Panitia Pemilihan Kampung dan KKPS telah dilaksanakan Rapid Test Antigen untuk memastikan pihak penyelanggara tidak terpapar Covid-19. Kami juga telah membuat surat edaran untuk menghimbau Calon Kepala Kampung terpilih tidak melakukan perayaan kemenangan secara berlebihan yang dapat menimbulkan kerumunan.

Demikian yang dapat saya dapat sampaikan pada kesempatan ini. Mohon maaf atas segala kekurangan. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa meridhoi usaha kita bersama. Amaiin Ya robalalamin.

Ada pantun:
Kucing kurus hidup merana
Di dalam bilik layaknya kemah
Keadaan masih pandemi virus corona
Meskin Pertemuan Melalui Video Converence namun tidak mengurangi makna.

Sekian dan terima kasih,
Wassalamualaikum Wr, Wb,
Om shanti, shanti, shanti om.

BUPATI WAY KANAN
RADEN ADIPATI SURYA

(Red)

author
No Response

Leave a reply "Pemilihan Kepala Kampung Gelombang III Tahun 2021 Di Kabupaten Way Kanan"