Pelaksanaan Pekerjaan Rehabilitasi Peningkatan dan Moderenisasi Jaringan Irigasi

banner 160x600
banner 468x60

SUBANG. Nuasasinar.com,-Pelaksanan pekerjaan rehabilitasi peningkatan dan moderenisasi jaringan irigasi Pamanukan di Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Subang yang bersumber dari dana APBN Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Balai Besar Wilayah Sungai Citarum Bandung.

Ir Hardaning Laksono, selaku Manajer Operasi dari PT Bumi Karsa Jaya Kontruksi KSO memaparkan, bahwa pelaksanan pekerjaan itu sudah di mulai di bulan Nopember 2020 yang lalu.

"Kita mulai dari titik nol di Bugis Indramayu sampai ke Bpnk 17 Subang, dan untuk saat ini yang sudah kita kerjakan dari no nol Bugis sampai ke bp 8 di Desa Bojong tengah", katanya pada media. Senin (22/03/2021).

Ia menjelaskan, berbagai persiapan salah satunya untuk K3 selalu standby dan siap, satu untuk lagmen di pihak blackman yang kedua untuk pihak pembersih di lokasi.

"Jadi kita mengurangi dampak dari limbah dan kemacataan. Memang dampak itu tidak bisa kita hilangkan seratus persen tapi seminimal mungkin kita kurangi dampaknya dan tenaga kita selalu standby di lapangan", ujarnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, bahwa untuk akses jalan di Dusun Sidawarna, Desa Mekarjaya, kecamatan Compreng, Kabupaten Subang, sudah di laksanakan dan di perbaiki.

"Sebagian jalan itu untuk di lewati warga, tapi untuk not saja, sebenarnya jalan yang kita pakai adalah jalan yang memang milik Perusahaan Jaya Tirta (PJT) di mana dalam hal ini pihak PJT sudah konfirmasi untuk kita buat, perkuat di tanggul dan jalan akses kita gunakan begitu juga tentang sarana yang kita pakai akan kita perbaiki. Tetapi kita tidak mengesampingkan kepentingan masyarakat jika masyarakat Masi bisa memakai, ya kita persilakan", ungkapnya.

Dikatakannya juga, bahwa apabila ada kekurangan dan lain sebagainya dirinya siap dan sudah merapikan. Posisi sekarang sudah bisa di gunakan dan pemasangan brikes sudah terpasang sebagian di daerah Sidawarna.

Hardan juga menjelaskan tentang tanaman yang ada di tanggul, sudah dikordinasikan dengan baik secara personil ke masyarakat dan secara resmi di tingkat Desa sudah lakukan jauh sebelum pekerjaan di mulai.

"Kalau ada persoalan yang timbul kita akan diskusikan dan kita bicarakan untuk di sosialisasikan yang terbaik", imbuhnya.

Dan untuk bongkar muat barang, yang dipakai lokasinya adalah bantaran Sungai atau milik PJT, dan itupun area yang kita akan pasang brikes agar mudah di dalam pemasangannya.

"Untuk tenaga lokal yang saat ini dipekerjakan sebanyak 18 orang pekerja, itu bukan tenaga Skil tetapi itu tenaga lingkungan yang dipekerjakan dari masing-masing Desa di Sekitar dan upahnyapun disesuaikan", jelasnya.

Hardan berharap kepada masyarakat agar bersabar, ia akan menyelesaikan pekerjaan ini, semoga dampak dari yang di untungkan adalah masyarakat komonitas petani sehingga perekonomi masyarakat meningkat.

Destari, Kepala Desa Mekarjaya Kecamatan Compreng ,Kabupaten Subang, saat di konfirmasi di kantornya mengatakan, atas nama pemerintahan Desa Mekarjaya dan Selaku Kepala Desa Mekarjaya memohon maaf dengan adanya pembanguan yang ada diwilayahnya.

"Masyarakat yang merasa terganggu aktifitasnya, bukan berarti di dalamnya mau merusak atau merugikan, kami tegaskan dalam situasi dan kondisi sekarang musim hujan secara otomatis dengan sendirinya jalan yang di gunakan baik itu jalan akses Dusun maupun jalan Kabupaten banyak membawa masalah", tegasnya.

Destari juga menyampaikan ucapan terimakasi kepada seluruh pihak, baik pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten yang telah memberikan pembangunan di daerah Desa Mekarjaya, sehingga dengan sendirinya Desa akan tertata dan sekaligus akan mempermudah untuk mengkordinir masalah air yang ada di pertanian di Desa khususnya dan umumnya di kecamatan Compreng sekitarnya .

"Khusus kami ucapkan terima kasih juga kepada PT Bumi Karsa yang telah merespon usulan kami dengan adanya lapangan futsal dan pembangunan jalan lintas Rustandi atau pun jalan antar Desa Mekarjaya ke Bugis atau dari daerah Subang ke Daerah Indramayu. Sekali lagi kami atas nama pemerintahan Desa Mekarjaya memohon maaf, bukan unsur kesengajaan untuk merusak, tetapi ini adalah program yang harus di laksanakan", pungkasnya.

(Bahrudin)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Pelaksanaan Pekerjaan Rehabilitasi Peningkatan dan Moderenisasi Jaringan Irigasi"