Ngatiyana Hadir dan Membuka Secara Virtual Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Link and Match

banner 160x600
banner 468x60

CIMAHI.Nuansasinar.com,-Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Tenaga Kerja memulai rangkaian Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Link and Match (SILIMA) kepada masyarakat pencari kerja di Kelurahan Leuwigajah, bertempat di Aula Gedung Cimahi Technopark, Jl. Baros, Utama, Cimahi Selatan Kota Cimahi. pada Selasa (16/03/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka secara virtual oleh Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi, Letkol. Inf. (Purn.) Ngatiyana. Selain Kelurahan Leuwigajah, sosialisasi aplikasi SILIMA ini rencananya akan dilaksanakan secara bertahap selama 9 (Sembilan) bulan bagi para pencari kerja di seluruh kelurahan lainnya di Kota Cimahi dari mulai Maret hingga November 2021.

Dalam sambutannya, Plt. Wali Kota Ngatiyana menyampaikan, Cimahi termasuk kota yang memiliki angka Tingkat Pertumbuhan Angkatan Kerja (TPAK) yang sangat besar, terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini dimana banyak pekerja yang dirumahkan dan bahkan sampai kehilangan pekerjaannya. Disaat yang sama, masyarakat pencari kerja Kota Cimahi juga dihadapkan dengan persaingan dengan tenaga kerja dari luar yang sudah tersertifikasi dan siap dengan keterampilan yang dibutuhkan oleh dunia industri.

"Disamping itu, para pencari kerja di [Kota] CImahi juga dihadapkan dengan beberapa permasalahan lainnya yaitu belum sesuainya skill/kompetensi para pencari kerja dengan kebutuhan pasar kerja, terbatasnya lapangan kerja karena banyaknya perusahaan yang mengurangi kegiatan operasionalnya selama masa pandemi, serta kurangnya informasi pasar kerja," ujar Ngatiyana.

Untuk menyikapi perkembangan kondisi tersebut, maka diperlukan kebijakan strategis untuk menyediakan data tentang ketenagakerjaan yang akurat dan aktual. Atas dasar itulah, pihaknya menyambut baik inisiasi dari Disnaker Kota Cimahi yang telah meluncurkan Sistem Informasi Link and Match (SILIMA) yang ditujukan untuk menjembatani kelima pilar ketenagakerjaan yaitu pencari kerja, perusahaan, pemerintah, lembaga pelatihan kerja (LPK), dan bursa kerja khusus (BKK) agar dapat mengatasi berbagai permasalahan diatas.

"Bukan hanya untuk pencari kerja, tetapi aplikasi SILIMA ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pekerja yang tedampak pandemi Covid-19, dimana pada saat ini banyak karyawan/pegawai yang dirumahkan dan di putuskan hubungan kerja (PHK)," ungkap Ngatiyana.

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Ngatiyana Hadir dan Membuka Secara Virtual Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Link and Match"