Musrenbang Kabupaten Way Kanan Dalam Rangka Penyusunan RKPD tahun 2022

banner 160x600
banner 468x60

WAYKANAN, LAMPUNG. Nuansasinar.com,-Pemerintah kabupaten Way Kanan menggelar musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) dalam rangka menyusun RKPD kabupaten Way Kanan tahun 2022.

Musrenbang kabupaten tahun 2021 ini merupakan bagian penting dari system perencanaan pembangunan nasional sebagai upaya untuk mewujudkan senergitas pembangunan. Acara di selenggarakan di gedung serba guna pemda way kanan Jum'at (26/03/2021).

Hadir pada acara tersebut, Gubernur Lampung, anggota Forkopimda, Sekda, Staf ahli, Para asisten, Inspektur, Sekertaris Dewan, Kepala Badan, Kadinas, Bagian dan Camat di lingkungan Pemkab Way Kanan,
Ketua dan wakil ketua tim penggerak PKK,
Ketua Darmawanita, ketua GOW, kepala BPJS, kepala Cabang Bank Lampung, KCP Bank BRI unit Blambangan Umpu, ketua IDI, Pimpinan Bank BNI 46, Dirut Bank Syari'ah, Pimpinan Bank Eka serta pimpinan bank UTUMO, kepala Stasiun KA Blambangan Umpu, ketua KNPI, ketua KTNA juga ketua Forum Anak.

Dalam sambutannya Bupati Way Kanan H. Raden Adipati surya, SH., MM., menyampai kan, melalui Musrenbang ini kita akan menentukan arah kebijakan dan program pembangunan di tahun 2022 untuk menjawab berbagai persoalan aktual yang di rasakan oleh masyarakat.

"Oleh karna itu masukan masukan dari saudara saudara sekalian akan sangat berharga dan memiliki arti penting bagi upaya meningkatkan kwalitas RKPD tahun 2022", ujar Adipati.

Rencana kerja pemerintah daerah kabupaten way kanan tahun 2022 merupakan tahun kedua pelaksanaan dari RPJM kabupaten way kanan tahun 2021- 2026. Dokumen RKPD ini di susun untuk menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan dan penganggaran.
Rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) mempunyai peranan strategis dan penting secara formal menjadi landasan penyusunan kebijakan umum APBD prioritas dan plafon anggaran sementara, dan R-APBD tahun anggaran 2022.

"Kita maklumi bahwa, sampai hari ini kita masih menghadapi persoalan pandemic Covid-19 dengan berbagai dampak ekonomi dan sosialnya. Meskipun dari aspek kesehatan kita mulai bisa mengendalikan dan ada harapan yang baik dari upaya optimalisasi vaksinasi", ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan, Akan tetapi upaya pemulihan ekonomi dan sosial masih memerlukan waktu serta pembiayaan yang besar. Selama dua tahun anggaran ini 2020-2021 kita relatif kehilangan peluang untuk melakukan percepatan pembangunan daerah akibat Covid-19.

"Anggaran yang terbatas lebih terfokus kepada upaya penanggulangan Covid-19 dan dana tranfer yang menjadi andalan terjadi pengurangan. Sedangkan beban kewajiban daerah terus meningkat seperti, penambahan siltap, BPJS, pilkada, di samping harus menyelesaikan mandatori yang di berikan" ujarnya.

Kendati demikian, pandemi Covid-19 telah berdampak besar bagi kehidupan terutama pada segi ekonomi. Kondisi tersebut berpengaruh pada realisasi penerimaan Negara (APBN) yang berdampak kepada pendapatan daerah (APBD).

"Mencermati persoalan yang kita hadapi saat ini, saya berharap rencana pembangunan 2022 harus berdasar kan prioritas dengan fokus target sasaran yang lebih tajam dan memperhatikan kondisi keuangan kita. Oleh karna itu dalam menyusun program prioritas pembangunan harus lebih realistis sesuai dengan permasalahan aktual yang kita hadapi serta memiliki dampak kemanfaatan publik", paparnya

Prioritas dan sasaran yang di rumuskan dalam rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2022 hendak nya dapat memecah kan permasalahan dan isu strategis pembangunan dengan memperhatikan hasil evaluasi capaian kerja pembangunan periode sebelum nya dan memperhatikan isu isu strategis yang berkembang saat ini.

"Dengan memperhatikan tema dan prioritas rencana kerja pemerintah(RKP) dan rencana kerja provinsi tahun 2022" jelas nya.

Visi dan misi RPJMD way kanan 2021-2026 yang saat ini dalam proses yaitu: way kanan unggul dan sejahtera" dengan misi 4 tahun kedepan akan:
1. Mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik.
2. Meningkatkan kualitas lingkungan hidup dalam mendukung pembangunan berkelanjutan.
3. Meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dan kompetensi sumber daya manusia daerah.
4. Meningkatkan perekonomian daerah berbasis kawasan di dukung ketersediaan infrastruktur.

Maka tema rencana kerja pembangunan daerah kabupaten Way Kanan tahun 2022 yaitu, menetapkan pemulihan ekonomi, peningkatan kesehatan, dan SDM berkualitas menuju Way Kanan unggul sejahtera.

Dengan prioritas antara lain:
*Pembangunan SDM terutama pengendalian covid 19, pelayanan pendidikan dan sosial.
*Pemulihan ekonomi , peningkatan produktifitas pertanian, UMKM, wisata serta peluang investasi.
*Meningkatkan tata kelola pemerintah dan pelayanan publik.
*Pengelolaan lingkungan hidup dan infrastruktur untuk mendukung ekonomi dan pelayanan publik.

"Dalam hal ini, saya berpesan proses penyusunan RKPD tahun 2022 ini , saya minta kepada perangkat daerah agar fokus dan terarah dalam penyusunan program , kegiatan dan SUB kegiatan , sehingga rencana pembangunan di tahun 2022 dapat tercapai sesuai dengan prioritas pembangunan yang telah di tetap kan. dan dalam hal ini kami mohon arahan dari bapak Gubernur lampung terkait pembangunan provinsi di kabupaten way kanan", pungkasnya.

(Ali,s)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Musrenbang Kabupaten Way Kanan Dalam Rangka Penyusunan RKPD tahun 2022"