Musnahkan Alat Tangkap Benih Bening Baby Lobster Hasil Dari Operasi Gabungan

banner 160x600
banner 468x60

 

 

PANGANDARAN,Nuansasinar.com,-Pemerintah kabupaten Pangandaran bersama sama dengan Forum Komunikasi Daerah musnahkan alat tangkap benih baby lobster hasil dari oprasi gabungan, bertempat dilapang Ketapang doyong Pangandaran, Selasa (06/04/2021).

Acara kegiatan pemusnahan ini dihadiri Bupati dan wakil bupati Pangandaran J.Jeje Wiradinata dan H. Ujang EndinIndrawan, Kapolres Ciamis dan jajaran termasuk Pol Air, TNI AL dan jajaran, Dandim 0613 Ciamis diwakili Danramil Parigi, Kejari Ciamis Kepala Pengadilan Negri Ciamis, Susi Pujiastuti Mantan Menteri Kelautan Indonesia, Asinten daerah, Kadis Kelautan dan perikanan, PSDKP, Jaga Lembur, Jajaran Rukun Nelayan Pangandaran dan pemuka masyarakat.

Bupati Pangandaran H.Jeje Wiradinata mengungkapkan alat tangkap baby lobster yang dihanguskan merupakan hasil oprasi yang sangat luar biasa atas kerja sama baik dengan Polres Ciamis melalui Pol Air, TNI AL, Satpol PP, Dinas Kelautan dan Perikanan, Rukun Nelayan dan Jaga lembur.

"Selanjutnya bila ada yang berurusan dengan penangkapan baby lobster di wilayah perairan Pangandaran kita serahkan pada polres Ciamis", ungkapnya.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan "Selain itu produk lobster pertahun mencapai 3 milyar rupiah sebelum adanya dilakukan penangkapan baby lobster, sedangkan sekarang kita penurunan dratis 0 rupiah, bahkan bilamana dibutuhkan sangat kesulitan sekali termasuk ikan cumi sudah langka, perlunya kita secara bersama sama memantau menjaga mengawasi jangan sampai terjadi penangkapan baby lobster", jelasnya.

Selain itu kita harus menjaga ekosistem perairan wilayah Pangandaran dari kepunahan, Pangandaran menolak keras terjadi penangkapan dan penjualan baby lobster.

"Kita lakukan untuk kepentingan bersama dan kepentingan masyarakat masa depan, sehingga mengeluarkan surat edaran melarang penangkapan, kebijakan kita lakukan hasil.musyawarah konsultasi dengan berbagai pihak, bahkan kitapun selaras dengan kebijakan Mentri sekarang melarang export benih bening baby lobster", tuturnya.

Senada Kapolres Ciamis AKBP Hendria Lesmana,S.I.K.,M.Si. Kami sangat apresiasi dengan kebijakan apa yang disampaikan Pemerintah kabupaten Pangandaran, dengan mengeluarkan surat edaran penangkapan benih bening baby lobster diperairan Pangandaran.

"Semoga usaha kita bersama penyelamatan penangkapan dan penjualan baby lobster berhasil, Sementara hasil oprasi bersama sebagai barang bukti kita lakukan pemusnahan 250 jaring rumpon, semoga dengan yang kami lakukan menjadi efek jera bagi pelakunya", pungkasnya.

(Rachmat)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Musnahkan Alat Tangkap Benih Bening Baby Lobster Hasil Dari Operasi Gabungan"