Menurut Susi Pujiastuti, Kelautan Sumber Daya Ekonomi Kerakyatan Terbesar

banner 160x600
banner 468x60

 

 

PANGANDARAN,Nuansasinar.com,-Keberlangsungan sumber daya kelautan sangat penting untuk diperhatikan, karena pertumbuhan bangsa setiap tahunnya akan bertambah, luas wilayah Indonesia sebesar 79 persen adalah laut yang memiliki potensi besar.

Saat sambutan dalam rangka pemusnahan alat tangkap benih bening lobster bertempat dilapang Ketapang doyong Pangandaran. Mantan menteri kelautan Susi Pujiastuti, bahwa untuk meningkatkan dan menggerakkan ekonomi kerakyatan, perlu kita jaga jangan sampai ruksak potensi sumberdaya laut secara bersama sama, jangan sampai terjadi kepunahan dan termasuk ekosistemnya. Selasa (06/4/2021).

Kegiatan yang dihadiri Bupati Pangandaran H.Jeje Wiradinata, Wakil Bupati Pangandaran H.Ujang Endin Indrawan, Kapolres Ciamis dan jajaran termasuk Kasatpol Air, TNI AL dan Jajaran, kepala Pengadilan NegriCiamis, Kejari Ciamis, Dandim 0613 Ciamis yang diwakili Danramil Parigi dan jajaran, PSDKP Pangandaran, Asisten daerah Kabupaten Pangandaran, Plh. Kadis Perikanan dan Kelautan kabupaten Pangandaran, Kasatpol PP Kabupaten Pangandaran dan jajaran, Jaga lembur Pangandaran Rukun Nelayan.

"Betapa mudahnya merusak, mengeruk sumber daya laut dari kepunahan, makanya perlunya perjuangan untuk menjaga lobster dari kepunahan tangan-tangan jail, sehingga akan merugikan masa depan bangsa termasuk diri kita sendiri, pada tahun 1983/2000 kita export terbesar dari Indonesia dan memiliki pangsa pasar lobster di Jepang 80 persen, tapi sekarang kita banyak penurunan karena mulai punah dan kesulitan, padahal dahulu Indonesia merupakan export lobster terbesar, sedangkan negara lain tidak melakukan export atau menjual baby lobster", ungkapnya.

Seraya menambahkan, dengan munculnya kesadaran dari masyarakat Pangandaran untuk menolak penangkapan dan menjual baby lobster, sangat berterima kasih sekali mau menjaga pruduk kearipan lokal baby lobster dari kepunahan.

(Rachmat)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Menurut Susi Pujiastuti, Kelautan Sumber Daya Ekonomi Kerakyatan Terbesar"