MBI Beroprasi Bebas ke E-Warung, Hasil Sidak Polda Jabar Dipertanyakan

banner 160x600
banner 468x60

INDRAMAYU,Nuansasinar.com,-Mitra Bumdes Indramayu (MBI), diduga kuat tidak mengatongi legal formal dalam mensuplai bebas ke E-Warung di Kabupaten Indramayu.

Hal ini terungkap dari saat Tim Nuansasinar.com mengumpulkan data-data dari Tokoh masyarakat dan LSM setempat yang mengungkapkan, MBI dalam proses penyaluran beras ke beberapa E- Warung ini dinyatakan tidak menempu ijin Standar mutu Beras, seperti yang tertuang di dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor 31/Permentan/PP.130/8/2017 tentang Kelas Mutu Beras dan Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia nomor 57/m-dag/per/8/2017 Tentang Penetapan Harga Eceran Tertinggi Beras, UU Perlindungan Konsumen NO 08 Tahun 1999, UU tentang Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

“Kalau supplier beras ke BPNT ke E-Warung itu harus ada uji mutu nya, apabila tidak tempu maka itu tidak menjamin kualitas dan kuantitas beras . Dengan ketentuan ini MBI Indramayu diduga melanggar unsur budgeter karena tidak memenuhi unsur PAD", ungkapnya.

Dikatakannya juga, bahwa dirinya juga menanyakan terkait Sidak Polda Jabar ke MBI ini, karena dari situ juga bisa mengambil kesimpulan ada apa aparat penegak hukum langsung turun tanpa memperoleh temuan atau laporan tanpa alasan yang jelas.

"Oleh sebab itu, media harus menanyakan kepada Direktur MBI nya kenapa, sampai didatangi aparat penegak hukum, apakah permasalahan itu? dan apa kepentingan Polda melakukan Sidak tersebut", kata Tursija Pangestu Tokoh Masyarakat Indramayu kepada wartawan Nuansasinar.com Kamis (22/04/2021).

Bahkan, Mitra Bumdes Indramayu yang beralamat di Jl. Veteran Indramayu ini setiap bulan rutin mengirim Komoditas beras ke beberapa E-Warung di Kabupaten setempat diperkirakan kurang lebih mencapai 600 ton beras.

Padahal yang mendapatkan ijin standar mutu, dari kementan termasuk hak edar beras resmi di Kabupaten Indramayu yang memiliki izin dari ketentuan tadi ada 3 Perusahaan diantaranya, Bulog, Pertani dan Perumda Bumi Wiralodra Indramayu (BWI).

Direktur MBI, Supangat saat diminta keterangan, Kamis (22/04/2021) melalui via telpon menyangkal , jika perusahaan supplier berasnya tidak mengantongi legal formal .

“Kami sudah mengantongi Legal Formal termasuk dari Kementan yang selalu di pertanyakan oleh Publik, terus salah besar kalau MBI di Sidak oleh Polda Jabar tetapi dari Polda Jabar hanya sebatas Koordinasi saja, ya kita makan makan saja disitu juga ada TKSK, Koorda”, pungkasnya.

(Tri Karsohadi/Udi)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "MBI Beroprasi Bebas ke E-Warung, Hasil Sidak Polda Jabar Dipertanyakan"