LSM BARAK Audiensi ke PT. TRI CENTRUM FORTUNA Purwakarta

PURWAKARTA,Nuansasinar.com,-LSM Barisan Rakyat Indonesia (BARAK) yang mendampingi CV. Bintang kencana belum melihat adanya perkembangan yang berarti, pasca melakukan audensi dengan pihak PT.Tri Centrum Fortuna / Matotek , Desa Karya Mekar, kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta pada hari Rabu (09/06/2021).

Hal ini diungkapkan oleh D Sutejo MS, Ketua Umum BARAK Indonesia ini kepada awak media yang ada, bahwa hingga saat ini belum juga ada kesepakatan dari pihak perusahaan dan pihak perusahaan baru akan menyampaikan ke manajemen pusat.

Aksi damai yang rencananya jam 08 00 wib akhirnya dimulai jam 10.00 wib setelah teman mada Barak berkumpul di Cisantri, dan di lanjutkan ke lokasi pabrik, setiba di area pabrik tepatnya di halaman parkir mulai orasi dengan terlebih dulu menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Selanjutnya orasi di lanjutkan oleh Ketum Barak D Sutejo MS yang belum lama datang ke lokasi PT TCF, menurut keterangan warga yang enggan di sebut namanya perusahaan ini sudah berganti kepemilikannya beberapa kali dan yang terdahulu bernama Matotex.

Ketum Barak Sutejo mebuka orasinya dengan menawarkan mediasi duduk bersama dengan menejemen perusahaan PT TCF, sampai berkali kali menanyakan bisa atau tidak kata Sutejo. Dan akhirnya setelah menunggu hampir 2 jam, di panggil untuk yang mewakili mediasi 3 orang.

Setelah kira kira kurang dari 1 jam, 3 orang sebagai team yang mewakili keluar dan berkumpul dengan masa di halaman parkir.

Ketum Barak Sutejo menyampaikan, hasil mediasi dengan manajemen belum selesai dan jangan sia siakan aksi ini dengan ber jemur dan berpanas panasan, kita sekarang bubar.

"Saya ucapkan Terima kasih buat jajaran Mada Barak dari Purwakarta, karawang, Subang serta jajaran mustika kecamatan Cibatu dan Polres Purwakarta yang telah mendampingi Aksi damai kami hari ini", katanya.

Menurutnya, pihak manajemen perusahaan yang beroperasi di Karawang harus akomodatif dengan lingkungan. Iklim kondusifitas tersebut, kata dia, harus dilakukan dengan kesediaan memenuhi kesepakatan yang pernah dilakukan, sehingga mampu terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Karena apapun namanya, warga masyarakat Cibatu merupakan mitra kerja yang paling strategis dalam mencapai tujuan pengembangan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat yang seharusnya mendapat perhatian dari pemilik perusahaan", ujarnya.

"Kita akan lanjutkan Hanya cara aksi yang berbeda kita gunakan secara intelektual. Kita akan kumpul kan bukti dan ditangani olah Team LBH Barak karena ini sudah bukan ranah kita, saya akan bawa kasus ini ke pusat biar Presiden kita tahu, karena apabila perusahaan mengelola limbah harus melibatkan pihak kedua, dan ini di monopoli pengelolaannya oleh perusahaan sendiri dan meminta jajaran Barak Indonesia bubar", pungkasnya.

Ketua Mada Barak Purwakarta Andi pahrudin yang biasa di sapa buncir akan melaporkan hal ini ke Komisi lll terkait pengolahan limbah perusahaan PT.Tri Centrum Fortuna atau yang dulu PT. Matotek.

“Jika dalam beberapa waktu ke depan masih belum ada perkembangan juga dari tuntutan kami, maka kami akan kembali melakukan aksi ke gedung DPRD Purwakarta", tegas Andi Buncir.

Dalam Audensi ini hadir Camat Cibatu, Kapolsek Cibatu, Danramil Cibatu, dan Perwakilan Polres Purwakarta, Dalmas Polres Purwakarta, Satpol PP, Bhabinkamtibmas polsek dan babinsa Cibatu.

( Robby )

author
No Response

Leave a reply "LSM BARAK Audiensi ke PT. TRI CENTRUM FORTUNA Purwakarta"