Launching Pembiayaan KUR Tani Budidaya Tanaman Porang Kabupaten Jember 2021

JEMBER,Nuansasinar.com,-Indonesia merupakan negara agraris artinya
sektor pertanian memegang peranan penting dari keseluruhan perekonomian nasional. Hal ini dapat ditunjukkan dari banyaknya penduduk atau tenaga kerja yang hidup atau bekerja dalam sektor pertanian atau dari produk nasional yang berasal dari sektor pertanian.

Pertanian dalam arti luas terdiri dari lima sektor yaitu, tanaman pangan, perkebunan, peternakan, perikanan dan kehutanan. Kelima sektor pertanian tersebut, bila ditangani dengan serius sebenarnya akan mampu memberikan kontribusi yang besar bagi perkembangan perekonomian Indonesia mendatang.

Salah satu cara penanganannya yaitu, dengan berorientasi pada bisnis pertanian atau agrobisnis sehingga perlu adanya manajerial top-down dan buttom-up, oleh sebab itu peran serta Pemerintah dalam pemberdayaan tersebut melalui Badan Usaha Milik Negara(BUMN) dalam bentuk Kredit.

Usaha Rakyat (KUR) di bidang pertanian salah satunya adalah KUR TNI BNI,merupakan langkah strategis guna mengamankan produktifitas dan ketahanan pangan nasional,dengan adanya program KUR adalah angin segar permodalan untuk pengembangan usaha di sektor pertanian.

Sehingga petani di Indonesia dapat mengupayakan pengolahan pertanian dengan hasil yang maximal,Bapak Gigih saat di konfirmasi seusai acara lauching KUR Tani BNI 12/4/2021 beliau mengatakan, bahwa sebenarnya sudah punya outlet di Kabupaten Jember ini sekitar seribuan, yaitu dari agen-agen yang namanya agen empat enam, di situlah inklusi keuangan terjadi.

‚ÄĚLaunching Kredit Usaha Rakyat (KUR) tani budidaya tanaman porang, yang di prakarsai oleh BNI merupakan terobosan yang cukup luar biasa, bagi para petani khususnya yaitu petani porang", ungkapnya.

Sebab dengan berbagai kemudahan dan persyaratan administrasi, yang tidak terlalu komplek untuk permohonan kredit.
Membuat petani porang di Kabupaten Jember optimis bisa mengembangkan hasil pertanian tanpa harus mencari biaya untuk awal musim tanam.

Untuk kemudahan, Bank BNI 46 saat ini lagi membangun digitalisasi proses pinjaman, harapannya adalah agar proses pinjaman semakin cepat. Bahkan kami sudah mulai membangun agen agen yang potensial,dimana agennya sudah melalui verivikasi dari BNI. Sehingga agen tersebut bisa merefralkan dalam artian bisa mengentri melalui komputer, sehinga mereka bisa masuk ke databest BNI.

Sehingga kita malakukan folow-up terhadap kelayakan, maupun kebutuhan dari masyarakat.

Pak Gigih menambahkan,launching KUR tani budidaya tanaman porang, yang di laksanakan siang tadi, di salah satu pondok pesantren Al-Anwar Desa Kertonegoro, Kecamatan Jenggawah dalam acara tersebut berkenan hadir Ibu Kepala Desa Kertonegoro beserta Muspika dan Dinas Pertanian Kabupaten Jember, juga Direktur PT Asia Prima Konjac yaitu Bapak Wiliam.

(Mlyd)

author
No Response

Leave a reply "Launching Pembiayaan KUR Tani Budidaya Tanaman Porang Kabupaten Jember 2021"