Konsep Penataan Wisata Akuarium PIAMARI Pangandaran Perlu Disempurnakan

PANGANDARAN,Nuansasinar.com,-Wisata akuarium PIAMARI Pangandaran memiliki konsep Intergrated Aquarium and Marine Research Institut (PIAMARI) ,agar mampu menjadi salah satu fasilitas yang terintegritas antara riset technologi kelautan dan mengedukasi Wisata Bahari, akan tetapi perlunya penyempurnaan penataannya yang baik dan sempurna maximal agar para wisatawan berkunjung lebih banyak, tutur Mentri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Sakti Wahyu Trenggono dalam kunjungan resminya ke wilayah destinasi Pangandaran. Senin (03/4/2021).

Konsep yang dibuat sudah baik dan letak pembangunannya sangat strategis mudah dikenal, perlunya perbaikan adanya penataan profiling ikan-ikan kelihatan lebih transferan agar sesuai dengan edukasi tujuan, selain itu perlunya perbaikan sarana, penambahan sarana dan perbaikan-perbaikan serta ada unsur rekreasinya dengan hal tersebut akan sesuai konsep dan tujuan yang teredukasi wisatanya.

"Diharapkan pembangunan akuarium PIAMARI bukan saja dilakukan hanya di wilayah Pangandaran saja akan tetapi harus dilakukan di Indonesia bagian Timur, perlunya membuka kerjasama dengan kemenparekraf yang memiliki kepentingan berkelanjutan ,demi ekosistem laut dan kesehatan laut masa depan kita semua", ungkap Sakti Wahyu Trenggono.

Sedangkan Mantan Mentri Kelautan Susi Pujiastuti memaparkan Konsep pembangunan akuarium dimulai pada tahun 2017 merujuk pada Monterey By Akuarium Research Institut (MBARI), memadukan antara kegiatan edukasi wisata kehidupan bawah laut dengan kegiatan bidang technologie kelautan memiliki 3 bangunan utama yaitu gedung akuarium, gedung Riset dan Dormotory.

Selain itu memiliki luas gedung akuarium 6.912. M2 terdiri dari 3 akuarium raksasa, yang masing-masing diberi nama sesuai dengan peruntukan dan bentuknya, schooling aquarium, Turnel aquarium dan Main Aquarium atau Theatre Aquarium.

"Terdapat 1 kolam sentuh dengan topik Ride Pool agar pengunjung bisa melihat lebih dekat dan berinteraksi dengan ikan-ikan yang ada didalam, Fasilitas yang ada diharapkan bisa menjadi sarana untuk memperkenalkan kelautan dan perikanan pada masyarakat lebih luas, sebagian ikan yang hidup diperairan Pangandaran saat ini dipelihara oleh Schooling Aquarium PIAMARI", tambahnya.

"Sumber dana diperoleh dari belanja APBN Pusat Riset Kelautan dan bersumber dari sumbangan pribadi maupun institusi, Tunnel Aquarium merupakan aquarium raksasa yang dirancang untuk menjadi Nature Aquarium yang mampu menampilkan Aquascafe dari sebuah ekosistem air tawar secara lengkap, sementara Museum bahari menampilkan pameran berupa program dan kegiatan KKP, serta koleksi-koleksi seperti barang muatan kapal tenggelam (BMKP), fosil-fosil ikan, instrumentasi yang menggambarkan techknologie kelautan dan perikanan", ujarnya.

Luas aquarium raksasa panjang sekitar 47 M, lebar rata-rata 3 M dab kedakaman 3 M, terbuat dari akrilik tebal 8 Cm ,kedepan bisa mampu memecahkan rekor sebagai nature aquarium terbesar di dunia yang saat ini masih dipegang oleh Nature Aquarium di Oceanario de Lisboa diportugal dengan panjang 40 M, dengan adanya hal tersebut bisa mampu menjadi Ikon Indonesia tingkat dunia, yang terletak disalah satu destinasi wisata pantai terkemuka di Jawa barat sangat berpotensi yaitu Pangandaran, setiap tahunnya dikunjungi wisatawan hingga 3 jt.

Selain Eduwisata kegiatan fokus riset technologie kelautan oleh PIAMARI dalam pengembangan wahana dan instrumentasi pengukuran dan pemantauan, untuk dinamika pesisir dan laut, pemantauan kebencanaan tsunami dan untuk mendukung kegiatan produksi kelautan dan perikanan (Energie baru, garam, perikanan tangkap dan budidaya ), dua jenis prototipe sudah dihasilkan Unit Rintisan Riset Technologie Kelautan, yaitu Perangkat Ukur Murah Muka Air Laut (PUMMA) sebanyak 7 unit guna menunjang sistem peringatan dini tsunami dan 4 unit Pemantauan Parameter Lingkungan Tambak Garam ( PENTAGAR ) dedikasikan untuk mendukung management produksi garam nasional.

"Diharapkan pada Mentri kelautan Trenggono untuk melanjutkan pembangunan dan penataannya PIAMARI agar menjadi sentral kelautan dan pwrikanan sehingga menjadi destinasi Eduwisata bahari dan riset technologie kelautan serta perikanan ke yang lebih baik dan sempurna", pungkas Susi Pujiastuti.

(Rakhmat)

author
No Response

Leave a reply "Konsep Penataan Wisata Akuarium PIAMARI Pangandaran Perlu Disempurnakan"