Kesan Pemimpin Baru Kabupaten Bandung Barat

BANDUNGBARAT,Nuansasinar.com,-Dalam kedudukan sebagai pelaksana tugas Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan telah memulai menunjukan karakteristik dan gaya kepemimpinan yang berbeda. Sebagai kaula muda yang sudah paruh waktu mendampingi Bupati Aa Umbara, namun perannya selama itu tidak optimal, tengah mencoba melakukan inventarisasi masalah dari kebijakan yang tengah berjalan. Dan mencoba melakukan tindakan yang bersifat "problem solving".

Namun demikian, dalam kedudukan sebagai pelaksana tugas Bupati, sudah tentu ruang geraknya terbatas, dan atau dibatasi berdasarkan ketentuan yang berlaku. Beliau tidak berwenang untuk mencabut atau melakukan perubahan kebijakan yang sedang berjalan. Dalam waktu yang terbatas mungkin kurang lebih tiga bulan memangku jabatan pelaksana tugas Bupati, seyogyanya beliau lebih fokus pada wilayah administrasi pemerintahan dan tidak terbuai oleh pemikiran elitis dengan jangkauan masa datang.

Seperti reaksi netizen terhadap ekspose beliau tentang strategi perencanaan pembangunan kedepan, yang mirip konsep Gubernur DKI. Oleh karenanya, beliau harus lebih fokus pada :

1. Konsolidasi internal, bagaimana menciptakan iklim kerja yg kondusif dan sinergis
2. Inventarisasi masalah dalam konteks implementasi kebijakan yang tengah berjalan, dan tidak berfikir dulu untuk merubah kebijakan. Kemudian solusi yang diambil bersifat "problem solving" (pemecahan masalah).
3. Melakukan sidak untuk memantau kedisiplinan, rasa tanggung jawab, dan kinerja ASN di masing-masing Unit Kerjanya.
4. Mengantisipasi dan bersikap tegas terhadap rumor yang berkembang akhir2 ini mengenai pihak yang menawarkan jasa kepada ASN untuk mendapat promosi jabatan dengan nilai nominal. Dalam setiap transisi suksesi kepemimpinan daerah kerap diwarnai hal seperti ini. Padahal KPK saat ini tengah mendalami kasus KBB yang antara lain tentang komersialisasi jabatan, atau dimata publik disebut dengan Jual beli jabatan.
Hentikan hal ini !!!.

Wallohu A'lam, maaf, wassalam.

Bandung 26 April 2021
Penulis, Djamu Kertabudi
Pengamat politik dan Pemerintahan
Dosen Universitas Nurtanio dan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi - Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN)

(Red)

author
No Response

Leave a reply "Kesan Pemimpin Baru Kabupaten Bandung Barat"