Kantor Desa Melakasari Dibongkar Karena Bangunan Sudah Rapuh

banner 160x600
banner 468x60

CIREBON,Nuansasinar.com,-Balai Desa Melakasari, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon terpaksa dirobohkan. Pasalnya bangunan yang berusia sekitar 39 tahun kondisinya sudah sangat memprihatinkan. Beberapa dinding pecah, dan kayu atap sudah sangat rapuh.

Kuwu Desa Melakasari H. Tarmudi mengungkapkan kepada awak media Nuansasinar.com saat dikonfirmasi kenapa pihaknya melakukan pembongkaran bukan tanpa alasan, satu sisi kondisi bangunan yang sudah berumur dan belum pernah diakukan perbaikan sama sekali.

"Beberapa bagian tembok retak, sehingga kawatir akan ambruk sewaktu-waktu. Juga atap balai desa yang terbuat dari kayu sudah mengalami kerapuhan", kata Tarmudi.

Namun sebelum pihaknya melakukan pembongkaran sudah melakukan musyawarah dengam BPD dan Lembaga desa lainnya.

“Kondisi bangunan sudah mengalami banyak kerusakan hampir di semua bagian, sehingga sepakat untuk dilakukan perbaikan total, kalau dipaksakan masih digunakan, kawatir sewaktu-waktu dapat ambruk dengan sendirinya. Kebetulan ada puskesmas pembantu yang jarang digunakan, sehingga pelayanan sementara dialihkan ke bangunan puskesmas pembantu,” ungkapnya, Selasa (06/4/2021).

Dijelaskan Tarmudi, konsep bangunan balai desa yang akan dibangun nanti akan dibuatkan ruang pelayanan masyarakat serta menambah ruang-ruang lainnya.
Termasuk ruang meeting dan dapur. Selain itu juga, lanjut Tarmudi, pondasi bangunan akan dianaikan sekitar 1 meter, agar ketika musim hujan tidak kebanjiran atau tergenang air. Diperkirakan anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp 1 miliar.

“Kebetulan rehab balai desa ini baru saya lakukan di periode kedua saya menjabat, diperkirakan 3 tahun kedepan menjelang masa jabatan saya berakhir, bangunan balai desa ini sudah bisa rampung, kalau diharapkan sebelum 3 tahun sudah bisa selesai,” tandasnya.

Lebih lanjut Tarmudi mengharapkan, dengan bentuk bangunan baru nanti diharapkan akan membawa pelayanan pemerintah desa Melakasari kepada masyarakat semakin prima.

Masyarakat juga semakin mencintai dan merasa memiliki gedung balai desanya sebagai rumah masyarakat.

“Semoga harapan dan keinginan yang dicanangkan segera terlaksana, bagaimanapun balai desa merupakan gambaran dari berjalannya pelaksanaan pemerintahan,” pungkas Tarmudi.

(Casmad)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Kantor Desa Melakasari Dibongkar Karena Bangunan Sudah Rapuh"