Jelang Perayaan Idul Fitri 1442 H, Kapolres Manggarai Barat Pimpin Patroli Malam Takbiran

LABUANBAJO,Nuansasinar.com,- Polres Manggarai Barat, Polda NTT – Momentum Hari Raya Idul Fitri 1442 H /2021 M kali ini akan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk lebih ramai berkumpul mengingat pada tahun sebelumnya larangan berkumpul sangat ketat sehingga hal tersebut diprediksi akan menyebabkan terjadinya lonjakan masyarakat yang terpapar virus Covid -19.

Terkait hal tersebut, Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. berkeliling Kota Labuan Bajo memantau langsung situasi malam takbiran menjelang perayaan Idul Fitri 1442 Hijiriah, Rabu (12/05/2021).

Bersama personil Polres Manggarai Barat dan Sat Brimob Kompi 4 Yon B Pelopor Labuan Bajo tidak hanya melakukan pemantuan di Masjid–Masjid saja tetapi Institusi penjaga wilayah ini juga melakukan pemantuan situasi keamanan di beberapa titik di Kota Labuan Bajo, untuk memastikan Kota Labuan Bajo kondusif di malam menjelang perayaan Idul Fitri 1442 H.

Disampaikan Kapolres Manggarai Barat bahwa rangkaian pengamanan ini merupakan Kegiatan Operasi Ketupat Ranakah 2021, mengamankan kegiatan seluruh masyarakat yang sedang melaksanakan perayaan Idul Fitri 1442 H sekaligus mamantau wilayah hukum Polres Manggarai Barat aman, kondusif dan sehat. 

"Saya baru saja melaksanakan Patroli malam takbiran, alhamdulillah dalam patroli tadi tidak ditemukan adanya konfoi ataupun iring-iringan dari masyarakat," ungkapnya

"Kegiatan malam ini, dalam rangka pengamanan menjelang perayaan Idul Fitri 1442 H bagi masyarakat Kota Labuan Bajo yang merayakan. Pantauan yang saya lihat langsung, sampai saat ini masih terbilang kondusif dan aman," ujarnya. 

"Saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat Manggarai Barat yang telah mematuhi Protokol Kesehatan, yakinlah kebijakan pemerintah ini bertujuan baik untuk menjaga kita semua agar kita selamat dan terhindar dari Covid-19," tegas Bambang.

Selain itu, Patroli yang kita laksanakan malam ini juga sekaligus bersilaturahmi kepada Imam dan pengurus Masjid yang merupakan wujud nyata bahwa kita benar–benar memberikan rasa aman kepada umat Islam dalam melaksanakan ibadah perayaan Idul Fitri 1442 H. 

"Dengan adanya kesiapsiagaan dari kita ini yang membuat umat Islam merasakan terlindungi dan merasakan aman untuk melaksanakan ibadah. Yakinkan kepada umat Islam kesiapan dalam kegiatan ibadah dan kelancaran menjalankan ibadah maupun ditempat–tempat lainnya," katanya.

Menurutnya, dengan kondisi sekarang dalam masa pendemi Covid-19 ini sudah semestinya sama–sama mematuhi Pratokol Kesehatan dengan mematuhi 5M Menjaga Jarak, Memakai Masker, Mencuci Tangan mengunakan sabun dengan air mengalir dan Menjauhi Kerumunan serta Membatasi mobilitas.

"Kita juga sudah menginformasikan kepada Imam–Imam maupun pengurus Masjid di wilayah Kota Labuan Bajo untuk selalu mematuhi Protokol Kesehatan. Kesehatan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan kita sehari–hari," ujar Kapolres Manggarai Barat.

"Kami Harap situasi kamtibmas yang selama ini kita jaga bersama akan terus aman dan diharapkan kepada unsur–unsur masyarakat dan tokoh agama, apabila adanya jenis gangguan kecil maupun besar harap segera dilaporkan dan kita harapkan pelaksanaan Operasi Ketupat Ranakah ini dapat berjalan dengan lancar dan tidak adanya gangguan sekecil apapun," ucapnya.

Terakhir, Pimpinan BKM Masjid Agung Nurul Falaq Labuan Bajo, Ali Imran menyampaikan, terima kasih kepada aparat keamanan teristimewa untuk Polres Manggarai Barat dan Sat Brimob yang telah melaksanakan tugas pengamanan malam takbiran menjelang hari raya Idul Fitri 1442 H dengan baik.

"Saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran Polisi yang sudah mendukung ibadah kami, khususnya Protokol Kesehatan juga sudah kami perhatikan. Terima kasih imbauan yang diberikan oleh petugas dan tentunya kami lakukan karena kami ingin sehat juga," ungkapnya.

"Jadi atas nama BKM Masjid Agung Nurul Falaq Labuan Bajo mengucapkan terima kasih dukungan dari Polri sehingga ibadah kami merasa nyaman, kami juga mengucapkan "Minal Aidin Wal Faizin" mohon maaf lahir dan batin," tambahnya.

(RS)

author
No Response

Leave a reply "Jelang Perayaan Idul Fitri 1442 H, Kapolres Manggarai Barat Pimpin Patroli Malam Takbiran"