Hujan Deras Akibatkan Bencana Longsor di Lebak

LEBAKBANTEN,Nuansasinar.com,-Setelah diguyur hujan deras siang tadi mengakibatkan jalur menuju wisata Gunung Luhur terputus akibat adanya longsoran tanah yang menutupi badan jalan dari longsoran tebing tersebut pada hari Sabtu, (29/05/2021).

Warga yang melihat dan mendengar kejadian tersebut pun berdatangan dan melihat ketempat terjadi nya longsor.

"Bupati Lebak yang melintas melalui jalan tersebut pun terpaksa puter balik arah lewat Sobang, bagi yang mau ke arah Gunung Luhur sementara ini terputus jalannya karena longsor", kata Jhoni Brontok warga setempat.

Selanjutnya Jhoni mengatakan, "Akibat longsor akses jalan Provinsi dari Cipanas ke Lebakgedong, Citorek hingga Warungbanten terputus tepatnya daerah Citagogag Kampung Cinyiru Desa Banjarsari Kecamatan Lebakgedong Lebak Banten,longsor terjadi sekitar pukul empat sore setelah hujan deras sejak siang tadi," jelas Jhoni.

Sementara Kepala Desa Banjarsari Anis saat dihubungi melalui sambungan telepon selular membenarkan peristiwa longsor tersebut di desanya.

"Iya benar tadi sore saya mendapat laporan dan saat ini saya sedang di Rangkasbitung, adanya laporan longsoran tebing tersebut setelah diguyur hujan. Tidak begitu banyak longsorannya namun yang dikhawatirkan saat ini sama warga takut terjadi longsoran susulan", tutur Anis.

Anis juga menjelaskan sampai saat ini warga dan masyarakat sedang bergotong royong menyingkirkan longsoran tersebut sambil menunggu alat berat didatangkan.

"Mudah-mudahan jika didatangkan segera alat berat malam ini bisa selesai dan saya harap bisa normal kembali hanya dihimbau bagi yang akan melewati jalur tersebut sementara ini belum bisa dilalui dan harapannya tidak ada lagi longsor susulan," harap Kepala Desa Banjarsari Anis.

Sementara itu Kapolsek Lebakgedong Iptu E. Cepiana. S.H. menuturkan kondisi terkini jalan masih tertutup longsor dan popohonan yang tumbang.

"Kami beserta masyarakat berusaha mencoba membersihkan longsoran tersebut agar pengendara motor dan pejalan kaki bisa lewat, menggunakan cangkul dan alat seadanya, karena situasi malam hari dan gelap cuaca masih terus hujan terpaksa longsoran tebinga masih di biarkan menutupi bagian jalan karena tanah tebing masih labil, khawatir ada longsor susulan", tutur Iptu Cepi.

Iptu Cepiana juga menjelaskan bahwa "Keadaan tersebut terlalu berbahaya jika dipaksakan ,alat berat yang standbay di Muhara tidak bisa bekerja malam ini karna hujan masih turun dan berbahaya jika dipaksakan jalan nya terlalu sempit dan berada dekat dengan jurang sehingga agak was-was dan berbahaya juga dalam keadaan masih hujan", pungkas Iptu Cepiana diakhir sesi wawancara.

(Red)

author
No Response

Leave a reply "Hujan Deras Akibatkan Bencana Longsor di Lebak"