Guna Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Tanjungsari Umbulsari, Ini Langkah Kades

JEMBER,Nuansasinar.com,-Sadar Akan Potensi Wisata di Desa, kepala Desa Tanjungsari Kecamatan Umbulsari Kebupaten Jember Jatim berusaha memikat hati masyarakat umumnya pengunjung.

Tak cukup di situ kepala Desa Tanjungsari juga mengajak Komunitas, Kelompok Tani, dan Pelaku UMKM Untuk Bersinergi

Mengembangkan Desa Wisata yang menjadi salah satu primadona dalam peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat.

Dengan memanfaatkan potensi keindahan areal persawahan di desanya yang dikreasikan sebagai bagian dari kegiatan yang bernilai ekonomi. Diperlukan sinergi dan kerja sama semua elemen masyarakat yang berpotensi serta wawasan yang luas agar tercipta desa wisata yang Indah dan menarik pengunjung .

"Ia mas belum lama ini kira kira 1 bulan yang lalu saya meresmikan Taman Wisata Tanjung Sari Kecamatan Umbulsari dan Alhamdulillah setelah kita resmikan ternyata banyak respon positif dari masyarakat baik masyarakat sendiri dan Masyarakat luar Desa, dan tujuan saya membangun wisata untuk meningkatkan ekonomi masyarakat", ucap Kades Tanjung Sari yang bisa di sapa Pak Sabuktiono. Minggu (18/4/2021).

Ia juga menambahkan bahwa pembangunan wisata ini saya lakukan bertahap, pertahun dan tidak fokus hanya pada wisata saja, tapi juga pada infrastruktur.

"Alhamdulillah mas, mulai lahan dan pembangunanTaman Wisata ini sampai selesai tidak ada Kendala, saya mainkan di lampu kelap kelip gemerlap cahaya sangat mendukung keindahan taman wisata jika malam hari sehingga akan menaikkan minat masyarakat untuk berkunjung di malam hari," tambah Kades tiga periode.

"Bahkan saya wacanakan pengembangan untuk kolam pancing dan kuliner , agar UMKM juga punya peran penting dalam proses pengenalan kuliner wisata dan produknya ," tambahnya Sabuktiono.

Sementara itu PLT Camat Umbulsari Akbar Winasis saat di konfirmasi portal media ini menyampaikan, "Saya sangat bangga sekali ,sangat senang sekali sangat mendukung sekali adanya langkah Kepala Desa Tanjungsari yang punya terobosan membuat wisata seperti itu, karena ada tiga kategori mas, yang pertama desa Mandiri ke dua desa Partisipatif, Sejahtera , mungkin yang di lakukan bapak kades Tanjungsari itu termasuk desa Sejahtera," ucapnya.

Dirinya menambahkan Sejahtera itu artinya harus mampu menaikkan ekonomi, baik ekonomi masyarakat, Ia juga mendukung jika kades masih ingin melakukan pengembangan.

"Selama masih ada platformnya , silahkan saja," tambah Akbar Winasis yang saat ini masih PLT Camat Umbulsari.

Ia juga berharap bahwa ada kolaborasi dengan, Pemerintah daerah dan Pemerintah Propensi juga Pemerintah pusat agar mudah di terima market.

"Dengan adanya wisata di sana semoga ekonomi masyarakat akan lebih maksimal," tandasnya .

(Mujianto Mulyadi)

author
No Response

Leave a reply "Guna Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Tanjungsari Umbulsari, Ini Langkah Kades"