GIBAS Panguragan Gelar Santunan ke Anak Yatim Piatu dan Orang Jompo

banner 160x600
banner 468x60

CIREBON,Nuansasinar.com,-Keluarga besar ormas Gabungan Inisiatif Barisan Anak Siliwangi (Gibas) menggelar kegiatan santunan kepada anak yatim dan orang tua jompo. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh ketua Gibas kecamatan Panguragan kabupaten Cirebon.

"Tercantum dalam undang-undang 1945 merupakan tanggung jawab bangsa dan negara kita, bahwa bumi air dan kekayaan yang terkandung di dalamnya dipergunakan untuk kesejahteraan rakyat. Di Kecamatan Panguragan orang tua jompo dan Jatim mungkin tidak signifikan akan tetapi kalau dihitung jumlahnya bisa jadi melebihi dari 800 orang. Itu dihitung rata-rata per Desa 80-90 yatim dan jompo." ungkap sutarno ketua gibas kecamatan panguragan. Sabtu (10/4/2021).

Dengan jumlah yang sebesar itu anggota GIBAS sektor Panguragan menggelar kegiatan santunan kepada anak yatim dan orang tua jompo Menurut ketua gibas sektor Panguragan

"Acara santunan dilakukan semata-mata murni gerakan sosial kemasyarakatan, bahwa anak-anak yatim merupakan tanggung jawab kita bersama, bukan hanya pemerintah daerah, pemerintah desa ataupun OPD yang ada di lingkungan Pemda Kabupaten Cirebon", ujarnya.

Tetapi itu merupakan tanggung jawab bersama. Hal itu sesuai dengan ajaran Kanjeng susuhunan Gunung Jati Cirebon Syekh Syarif Hidayahtullah yang dalam wasiatnya

"INGSUN TITIP TAJUG LAN FAKIR MISKIN". Kalau di maknai secara luas, maka makna tajuk adalah TATA yang di JUJUG. Artinya harus hormat terhadap guru-guru kita," tandasnya.

Fakir miskin bermakna kehidupan ekonomi yang kurang. Yang di dalamnya merupakan ada anak yatim. Menurut ketua sektor gibas Kecamatan Panguragan,

"Ini sesuai dengan Wangsit Siliwangi silih asah Silih Asih silih wangi", imbuhnya.

Anggota gibas panguragan harus bisa membawa kebaikan, ketentraman, kesantunan, ketenangan, saling menjaga, saling peduli, saling menolong antar sesama, sehingga namanya harum mewangi. Selalu mengedepankan nilai kasih sayang terhadap sesama.

Jumlah anak yatim yang disantuni kurang lebih 97 anak yatim di empat desa Kecamatan Panguragan kabupaten cirebon, Yaitu Desa Panguragan, Desa Panguragan Lor, Desa Panguragan Kulon, dan Desa Panguragan Wetan. Sumber dana santunan itu berasal dari anggota gibas sektor Panguragan. Ketua gibas sektor Panguragan juga mengajak kepada semua kalangan untuk saling peduli antar sesama.

"Kami anggota gibas panguragan sangat semangat dengan adanya kegiatan positif seperti ini, memberi santunan kepada anak yatim dan jompo yang ada di desa kami", kata Kodra salah satu anggota gibas panguragan lor.

Disamping juga bentuk santunan yatim, insya Allah akan dilakukan setiap bulan pada hari Jumat Kliwon, sebagai agenda bulanan. Itu bentuk semangat yang ada di kepengurusan gibas sektor Panguragan. Walaupun sampai saat ini sejak terbentuknya kepengurusan gibas tingkat Resort Kabupaten Cirebon belum jelas nasib dan arah garis kebijakannya terhadap gibas sektor Panguragan, akan tetapi sebagai seorang organisatoris ketua gibas tetap semangat dalam melaksanakan agenda kegiatan organisasi.

(Casmad/Rakhmat sugianto)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "GIBAS Panguragan Gelar Santunan ke Anak Yatim Piatu dan Orang Jompo"