FKPQ Indramayu Diduga Potong BA-BUN TPQ Tahun 2020

INDRAMAYU,Nuansasinar.com,-“Aji Mumpung” praktik pemotongan Bantuan Oprasional Pendidikan Al-Quran (BA-BUN) dari Direktoral Jendral Pendidikan Islam melalui Kementrian Agama . Hal ini terungkap dari Lembaga Swadaya Masyarakat Pemantau Kinerja Keuangan dan Aparatur Negara (LSM-PEKKAN) DPC. Kabupaten Indramayu, Sabtu (17/04/2021).

Menemukan adanya indikasi Pemotongan saat pencairan bantuan itu oleh Forum Komunikasi Pendidikan Al-Quran (FKPQ) Kabupaten Indramayu. Disampaikannya ini bahwa bantuan yang diterima oleh Lembaga tergolong tinggi mencapai angka Rp 10 juta per Taman Pendidikan Quran (TPQ) di Kabupaten setempat.

Menurut pantauan sumber, menemukan beberapa kejanggalan dalam pelaksanaan pencairan maupun pelaksanaan program bantuan dari Kementrian Agama di tahun 2020 ini.

"Saya sangat tertarik untuk melakukan uji petik dan bedah praktik Pungli yang diduga kuat berseliweran kepada seluru LPQ yang menerima BA BUN 2020 ini," kata sumber

Bahkan, meskipun dari Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren dan Dirjen Pendidikan Islam melalui keputusan PPK No.5164 Tahun 2020 tentang Penerima Bantuan Operasional Pendidikan Al-Qur'an (BA -BUN TPQ) yang dicairkan melalui Kementrian Agama ini langsung di transfer ke Nomor rekening penerima manfaat Ironisnya, setelah pencairan ternyata ada oknum meminta fee dengan dalih "uang pengawalan" antara -/+ 10-20 persenan .

"Kami akan dorong permasalahan ini sampai ke Kejari, karena jangan sampai penerima manfa'at dirugikan, apalagi ini bantuan bencana terdampak Covid-19", tegas ketua LSM-PEKKAN DPC. Kabupaten Indramayu.

Dilansir dari Trisulapos.com, Muslih ketua FKPQ membantah, pihaknya tidak pernah memungut bantuan tersebut.
"Saya diwasiatkan kepala Kemenag Indramayu H. Sofandi agar jangan sampai ada serupiah pun yang tercecer dari bantuan LPQ ini. Karena ini dana bantuan bencana dan perihal perealisasian bantuan BA BUN LPQ ini saya tidak tahu persis karena langsung ke penerima manfa'at . Kalau ingin tahu persis silahkan menghubungi Sekretaris FKPQ orang Anjatan", Jelasnya.

Sementara saat diminta keterangan oleh Nuansasinar melalui via whatsapp Senin (19/04) hingga berita ini diterbitkan belum menuai tanggapan.

(Tri Karsohadi)

author
No Response

Leave a reply "FKPQ Indramayu Diduga Potong BA-BUN TPQ Tahun 2020"