Eks Kombantan GAM, Tgk. Syardani M Sarif Ajak Semua Elemen Peduli Tiram

banner 160x600
banner 468x60

ACEH. Nuansasinar.com,-Adalah Teungku Jamaica, sapaan sandi pria ini, merupakan mantan eks kombatan GAM era konflik Aceh dan RI dulu, kini ia mengajak semua elemen masyarakat untuk cinta lingkungan dan peduli pada tiram ini. Kamis (04/03/2021).

"Mari kita bersatu untuk berkontribusi bagi penyelamatan lingkungan Air Laut demi keberlangsungan hidup generasi kita yang akan mendatang. Ayo bersama Kita buat program Oyster Reefs Restoration (ORR) di Aceh." sebutnya di laman Facebook miliknya.

Selamatkan air laut dari pencemaran lingkungan dengan cara yang sangat mudah dan sederhana yaitu membuat program restorasi tiram di kawasan pantai dengan memanfaatkan cangkang tiram yang telah diambil dagingnya (cangkang tiram bekas) sebagai media untuk menempel bibit Tiram (Oysters Spat Collector). Tulis pria asal Aceh Utara itu yang bernama asli Syardani M. Syarif.

Cangkang tiram bekas dimasukkan ke dalam keranjang khusus, kemudian diletakkan ke dalam air asin, bibit Tiram secara alami akan menempel pada Cangkang Tiram bekas tersebut, ini sangat efektif untuk memperbanyak populasi Tiram tersebut jelasnya.

Tambahnya langi untuk diketahui bahwa sedikitnya ada 5 manfaat restorasi tiram bagi lingkungan dan manusia ini yang pertama adalah :

1. Satu biji Tiram dapat menyaring dan membersihkan air mencapai 50 gallons atau setara dengan 189 liter air laut per harinya.
2. Tiram dapat memperbaiki kualitas air laut itu sendirinya.
3. Tiram dapat menyediakan makanan dan habitat bagi beragam jenis ikan dan burung yang ada.
4. Tiram mampu menyangga meningkatnya keasaman perairan laut itu juga.
5. Tiram memberikan banyak manfaat ekonomi bagi manusia dari hasil panen langsung Tiram itu di buat menjadi keuntungan komersial.

"Mari kita bergerak. Selamatkan lingkungan air laut untuk generasi anak cucu kita yang akan mendatang serta bisa kita pergunakan untuk membudidayakan tiram serta bermanfaat bagi manuasis serta generasi yang akan mendatang." tandas Teungku Jamaica.

(zainal)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Eks Kombantan GAM, Tgk. Syardani M Sarif Ajak Semua Elemen Peduli Tiram"