Dinas Lingkungan Hidup Gelar Seminar dan Penanaman Pohon Dengan Tema “Restorasi Ekosistem”

PURWAKARTA,Nuansasinar.com,-Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup (LH) sedunia yang jatuh pada hari ini 5 Juni, Green Network Indonesia (GNI-Berbangsa) Ranting Kecamatan Tegalwaru Purwakarta gandeng Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Purwakarta menggelar Seminar Lingkungan dan Penanaman pohon dengan tema “Restorasi Ekosistem:Belajar dari hal kecil,mulai dari diri sendiri” di Rumah Literasi Jalan Raya Citeko Desa Cadasari Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Purwakarta. Sabtu (05/06/2021).

Dewan Pembina Organisasi (DPO) GNI-Berbangsa Raja Pantun L Gaol memaparkan tentang lingkungan hidup semua kita sengaja ataupun tidak sengaja pasti terlibat dalam kerusakan dan pencemaran lingkungan hidup namun demikian betapapun sulitnya kita restorasi pasti ada hal yang bisa di lakukan paling tidak kerusakan yang di lakukan manusia dapat di minimalisir atau di cegah selain melakukan perbaikan perbaikan terhadap kerusakan yang telah terjadi.

“Maka sebagai manusia seharusnya semua orang berbuat sekecil apapun untuk lingkungannya salah satunya dengan mengutip sampah yang kita buang sendiri dan menanam pohon di tempat kosong”, harapnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Purwakarta Deden Guntari melalui Kasi penanganan sampah dan Tempat Pemprosesan Akhir (TPA) Bayu Nur Setiawan mengatakan, dengan mengangkat tema Restorasi Ekosistem di Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2021, bahwa restorasi ekosistem dapat mengambil banyak bentuk seperti menanam pohon, menghijaukan kota, membangun kembali kebun, mengubah pola makan atau membersihkan sungai dan pantai. Restorasi ini dilakukan untuk membentuk generasi yang bisa berdamai dengan alam.

“Acara ini sendiri dilaksanakan sebagai bentuk untuk mengedukasi pemuda pemudi dan masyarakat agar dapat peduli dengan lingkungan ,” ujarnya.

Kegiatan tersebut di hadiri oleh Tokoh Masyarakat,Karang Taruna,PAC GP Ansor Tegalwaru,ANTARA(Anak Tanah Nusantara),Rumah Suci,Jaringan Sahabat Citarum,Bank Sampah Sari Asih dan juga Organisasi serta komunitas lainnya.

Karena itu, menurutnya, “Seminar ini penting karena pemuda harus bisa ikut menjadi pelopor kebersihan dan keselamatan bumi,” ucap Bayu.

Sementara itu Bayu menambahkan, selain menggelar seminar, dalam acara tersebut juga melakukan gerakan penanaman pohon.

“Semoga dengan acara penanaman pohon ini dapat memberi wawasan dan menggugah masyarakat untuk ikut menjaga lingkungan,” harapnya.

kegiatan di tutup dengan penanaman pohon secara simbolis dan foto bersama.

( Robby )

author
No Response

Leave a reply "Dinas Lingkungan Hidup Gelar Seminar dan Penanaman Pohon Dengan Tema “Restorasi Ekosistem”"