Diduga Pembuatan Breakes Proyek Irigasi P3A Desa Sribulan Asal Jadi

SUMSEL,Nuansasinar.com,-Proyek pembangunan irigasi berlokasi di Desa Sribulan, Kecamatan Buay Pemuka Bangsa Raja, Kabupaten Oku Timur, yang dilaksanakan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) diduga tidak sesuai spesifikasi kontruksi.

Hasil temuan awak media di lokasi proyek irigasi tersebut diketahui dalam pelaksanaan pekerjaannya disinyalir Asal Jadi, terlebih dulu yang dapat berdampak terhadap kurang maksimalnya mutu dan kualitas adukan Breakes atau paping blok.

“Dari pantauan awak media di lapangan, terlihat jelas dalam pembuatan Breakes yang di dalam Rab nya tidak boleh memakai mesin molen dalam proses pembuatan Breakes nya, tetapi di desa Sribulan ini, dalam pembuatan Breakes nya justru malah mengguna kan molen, tidak hanya itu, ketebalan nya pun diduga tidak sesuai dengan di Rab yang seharus nya memiliki ketebalan 8cm, tetapi saat di ukur oleh awak media di lapangan ketebalan nya pun bervariasi, ada yang 7cm, 8cm bahkan ada 10cm. Kuat dugaan, kegiatan tersebut terkesan asal jadi. Minggu (06/06/2022)

Ad" salah seorang warga menyesalkan, irigasi yang nota bene nya sarana meningkatkan debit air menjadi lebih besar dan aliran air menjadi lancar, guna mengairi pesawahan, tentunya dalam pekerjaannya harus benar – benar diperhatikan kualitasnya, sehingga dengan sarana pertanian yang optimal, secara otomatis dapat meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahteraan bagi petani.

“Melihat kondisi fisik irigasi seperti itu, bagaimana dengan fungsi perencanaan dan pengawasan proyek tersebut ?,” tandas Ad ke pada awak media.

Ad, juga mengatakan, informasi yang diperolehnya dari Ketua P3A yang menyatakan kalau pendamping P3A ada di desa Sribulan terus dan menginap di rumahnya pak purwanto, kenapa pendamping hanya diam dan terkesan tutup mata terhadap pengerjaan ini, ungkap Ad.

Saat awak media hendak konfirmasi ke Ketua P3A Desa Sribulan, ketua P3A seakan menentang awak media, merasa pekerjaan mereka sudah paling benar, ketua P3A juga mengatakan bahwa pengerjaan kami di pantau terus dari pendamping P3A (Pajar) bahkan pengerjaan kami pun sudah di pantau juga dari Palembang, tegas nya.

Pajar Suheli, saat di konfirmasi oleh awak media melalui via tlp WhatsApp terkait masalah pengadukan breakes memakai molen apakah tidak menyalahi aturan dalam Rab, beliau menjawab tidak.
Diduga pendamping P3A, terkesan tutup mata dalam pengerjaan P3A.

(Feriansyah)

author
No Response

Leave a reply "Diduga Pembuatan Breakes Proyek Irigasi P3A Desa Sribulan Asal Jadi"