Diduga Bangunan PAMSIMAS Menggunakan Dana Siluman

OKUTIMUR,Nuansasinar.com,-Pelaksana suatu bangunan proyek dalam melakukan kegiatan tanpa memasang papan nama proyek di lokasi kegiatan ketika tengah berlangsung kini terjadi di Desa Bukit Mas, Kecamatan Buay Madang Timur, kabupaten Oku timur.

Diduga kegiatan pembangunan PAMSIMAS yang ada di Desa Bukit Mas salah satu memperkuat jalan nya korupsi oleh aparatur desa setempat, Padahal papan nama kegiatan proyek merupakan suatu bentuk informasi agar mudah di
akses oleh masyarakat sebagai sarana untuk memperoleh informasi berdasarkan
asas keterbukaan dan tranfaransi serta informasi publik.

Proyek bangunan PAMSIMAS tanpa papan nama yang lazim di sebut dengan istilah proyek siluman ini merupakan Kegiatan bangunan PAMSIMAS.

Pasalnya, menurut keterangan salah satu masyarakat yang tidak mau di sebutkan nama nya saat dimintai keterangan, menerangkan bahwa sejak dimulai nya kegiatan ini sampai sekarang belom pemasangan PAPAN KEGIATAN Proyek.

"Kalo saya yakin Mas ini kerjaan Pamsimas karena saya juga pernah kerjaan seperti ini juga ada di Desa lain, jadi saya paham betul dengan bangunan pamsimas", katanya Selasa (25/5/2021).

Kalo berdasarkan Undang-undang setiap kegiatan proyek milik Pemerintah Baik yang menggunakan anggaran dari APBN maupun APBD yang tidak memasangkan papan Proyek sejak awal di lokasi ketika kegiatan tengah berlangsung sudah ada indikasi telah melakukan tindakan yang di duga kuat melanggar Undang – Undang NO 14 TAHUN 2008 tentang keterbukaan
informasi kepada Publik .

Padahal hal tersebut sudah jelas merupakan hak setiap warga negara untuk mendapat serta memperoleh informasi publik bahkan saling mengawasi yang berdasarkan asas keterbukaan.

Dengan adanya suatu proyek
bangunan yang dalam melaksanakan kegiatan tanpa memasang papan nama proyek seperti ini maka, tidak menutup kemungkinan anggapan warga masyarakat bahwa telah terjadi penyimpangan dana untuk anggaran karena anggaran untuk memasang papan nama proyek selalu ada dalam kontrak manapun .

"Sampai berita ini diterbitkan tak satupun dari Ketua KKM nya bisa dikonfirmasi dan saat ditanya ke tukang nya mereka mengarahkan ke tempat Kepala desa, namun saat awak media hendak menanyakan hal tersebut ke kepala desa setempat, Kepala desa tidak ada di rumah, atau pun di kantor desa, namun saat hendak dihubungi melalui pesan Whatsapp Bu Kepala Desa nya menjawab nomor bapak aja ada di saya", ujarnya.

(Feriansyah)

author
No Response

Leave a reply "Diduga Bangunan PAMSIMAS Menggunakan Dana Siluman"