Dampak Penggunaan Narkoba di Negara Berkembang

JEMBER,Nuansasinar.com,-Penyalahgunaan narkoba adalah masalah serius yang menghapus impian generasi masa depan kita. Kaum muda paling rentan karena pengaruh media massa dan televisi. Beberapa remaja dan bahkan orang dewasa terlibat dalam penyalahgunaan narkoba dan perdagangan gelap karena keadaan seperti kemiskinan, masalah keluarga, kemerosotan moralitas dan adaptasi perilaku yang buruk.

Penyalahgunaan narkoba menurunkan produktivitas seseorang dan menantang rasa aman, cinta, dan damai komunitas. Salah satu dampak utama penggunaan obat-obatan terlarang pada masyarakat adalah konsekuensi kesehatan negatif yang dialami oleh penggunanya.

Pengguna narkoba lebih rentan terhadap tekanan darah tinggi, depresi, HIV dan penyakit mental. Penggunaan narkoba juga memberikan beban keuangan yang berat pada individu, keluarga dan masyarakat.

Penyalahgunaan narkoba berdampak pada ekonomi masyarakat secara luas di negara berkembang. Selain itu, dapat memengaruhi pekerjaan dan produktivitas. Dampak penyalahgunaan narkoba terhadap masyarakat, seringkali terdapat korelasi yang kuat antara pengangguran dan kebiasaan mengonsumsi narkoba.

Ada juga keterkaitan antara penyalahgunaan narkoba dan produktivitas dan kecelakaan yang rendah. Secara keseluruhan, peningkatan penyalahgunaan narkoba juga dapat memengaruhi keamanan komunitas. penggunaan narkoba berkorelasi lebih kuat dengan disintegrasi keluarga daripada dengan kemiskinan.

Narkoba juga dapat meningkatkan kemungkinan berbagai jenis kegiatan kriminal di negara berkembang. Konflik kekerasan di antara kelompok-kelompok perdagangan yang bersaing dapat menjadi masalah. Mereka yang membutuhkan uang untuk memberi makan kebiasaan narkoba mereka dapat beralih ke pencurian, perampokan, dan prostitusi.

Efek penggunaan narkoba pada pendidikan
Remaja yang menjadi kecanduan obat dapat menderita gangguan intelektual, kehilangan ingatan jangka pendek, dan bahkan gangguan fungsi sensorik. Semua masalah ini yang dikombinasikan dengan kecanduan itu sendiri akan berkontribusi pada kinerja akademis yang buruk dan harga diri yang rendah. Citra diri yang rendah dapat menyebabkan depresi atau ketergantungan yang lebih besar pada obat-obatan.

Jumat, 07 Mei 2021
Lembaga Anti Narkotika Jember
[H]

(Mulyadi)

author
No Response

Leave a reply "Dampak Penggunaan Narkoba di Negara Berkembang"