Bupati Jember H. Hendy Siswanto Lantik Pengurus TP PKK

banner 160x600
banner 468x60

JEMBER-Nuansasinar.com,-Bupati Jember H Hendy Siswanto, sekaligus sebagai Ketua Pembina Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Jember melantik Pengurus yang baru periode 2021-2024. Acara pelantikan berlangsung di Pendopo Wahyawibawagraha, Senin (29/03/2021).

Acara pelantikan yang dihadiri oleh para undangan diantaranya Wakil Bupati Muhammad Balya Firjaun Barlaman, Ketua Persit KCK Kodim, dan disiarkan secara daring ke seluruh Kecamatan di wilayah Kabupaten Jember.

Bupati Hendy menetapkan dalam Surat Keputusannya nomor 188.45/88/1.12/2021 tentang Tim Penggerak PKK Kabupaten Jember diketuai oleh Dra Hj Kasih Fajarini (istri Hendy Siswanto) sebagai Ketua.

Dalam sambutannya Bupati Jember mengatakan peran PKK sangat penting dalam pembangunan di Jember.

Hendy menilai ada kesamaan makna dalam isi mars PKK dengan permasalahan saat ini. “Tentang pangan, di Jember cukup (red. stok beras melimpah) tetapi petani tidak cukup (red. sejahtera) masih miskin,” kata Hendy yang baru 30 hari menjabat Bupati Jember.

Permasalahan kedua, masih kata Hendy, masih tingginya angka pernikahan dini. Catatan Redaksi, Kabupaten Jember menduduki peringkat pertama se-Jawa Timur.

Hendy menyakini hal ini disebabkan oleh akses jalan yang jelek, rendahnya pendidikan, dan tidak meratanya layanan kesehatan. “Masyarakat tidak mampu mendidik dan menyekolahkan anaknya lebih tinggi,” jelas mantan pegawai Kemenhub RI Jakarta ini.

Akibatnya, kata Hendy, munculnya Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB), dan Stunting (pertumbuhan bayi yang tidak normal).

Hendy mengingatkan peran ibu-ibu dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. “Kami berharap dengan jaringan PKK di Jember bisa menginformasikan (data di lapangan keluarga miskin) agar kami bisa langsung mendistribusikan (bantuan) yang diperlukan oleh masyarakat,” papar Hendy.

Bupati berharap juga agar TP PKK bersinergi dengan Pemkab Jember. Termasuk kolaborasi dengan pihak lain, misalnya perbankan.“Justru tanpa PKK sulit Jember akan makmur,” pungkasnya.

Hendy mengapresiasi juga kepada pengurus PKK terdahulu dan minta agar terus membantu pekerjaan pengurus baru.

Sebelumnya Ketua TP PKK yang baru dilantik, Dra Hj Kasih Fajarini, berterima kasih dan mengapresiasi kinerja pengurus lama. “Semoga amanah ini bisa kami emban dan kami lakukan dengan kesungguhan demi kemajuan Jember,” kata istri Hendy itu.

Di awal acara Ketua TP PKK, Hj Maimunah Muqit, menyampaikan terima kasihnya kepada pihak-pihak atas kerjasama yang baik selama ia memimpin PKK Kabupaten Jember. “Saya yakin kepengurusan yang baru ini solid dan punya semangat tinggi sehingga harapan kami PKK Jember lebih maju lagi,” kata istri KH Abdul Muqit Arief mantan Wakil Bupati Jember itu.

(Mlyd)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Bupati Jember H. Hendy Siswanto Lantik Pengurus TP PKK"