Usai Tarawih Personil Batalyon Raider 509 Beserta Persit Ranting 2 Donor Darah

banner 160x600
banner 468x60

JEMBER - Nuansasinar.com-Personil Batalyon Infanteri Raider 509/ Balawara Yudha beserta Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) mendonorkan darahnya untuk kemanusiaan. Acara itu dalam rangka HUT Divisi Infantri 2 Kostrad ke 58.

Kegiatan donor darah berlangsung di Mayonif 509, Rabu (28/4/2021), diikuti ratusan personil dan juga ibu-ibu anggota Persit KCK Ranting 2 Yonif.

Komandan Batalyon Infanteri Raider 509/ Balawara Yudha, Letkol Inf Syafrinaldi, SE, mengatakan, kegiatan donor darah bagian dari komitmennya. "Termasuk juga di Batalyon 509 ini masalah kegiatan sosial menjadi target utama saya," kata Danyon 509. 

Sejak ia datang dan bertugas di Ksatrian 509 Letkol Inf Syafrinaldi langsung membuat berbagai kegiatan sosial. Seminggu sekali ada program Jumat Berkah, Gerobak Takjil Gratis, membina sebuah desa (program desa binaan), santunan anak yatim piatu dan lainnya. 

Kegiatan donor darah itu mendapat respon positif dari masyarakat. Semula ditargetkan 120 pendonor dari internal Ksatrian dan Persit tetapi ternyata melebihi. Dari kegiatan itu terkumpul lebih dari 150 kantong darah.

Danyon tidak saja memimpin langsung kegiatan tetapi ia juga memberi teladan. Komandan yang memiliki wajah tampan itu diambil darahnya untuk disumbangkan kepada yang membutuhkan. Ini adalah bagian dari programnya untuk membudayakan rasa sosial dan kebaikan terhadap sesama.

Inisiasi kegiatan tersebut mendapat apresiasi dari Ketua PMI Jember, H EA Zaenal Marjuki, SH, MH. 

Ketua PMI Jember berkata, "Saya bangga kepada Yonif 509, PMI mendapat dukungan luar biasa." Menurut Zaenal malam itu dari Mayonif akan didapatkan ratusan kantong darah baik dari personil, Persit, Komunitas Harley Davidson Jember (ISHD), maupun masyarakat sekitar. 

"Dari bagian pendataan kita informasikan lebih dari seratus lima puluh orang yang siap mendonorkan darahnya," ungkap Zaenal. 

Hasil tersebut sangat bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan darah khususnya di Bulan Ramadhan. "Hingga kemarin sudah terkumpul tiga ribuan kantong darah tapi dua dua ratus sudah dipakai," katanya. Biasanya di bulan Ramadhan rata-rata kebutuhan darah kurang lebih 6 ribu kantong. 

Dalam kesempatan itu PMI menerjunkan 20 anggota untuk melayani pendonor yang jumlahnya ratusan orang.

(Myd)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Usai Tarawih Personil Batalyon Raider 509 Beserta Persit Ranting 2 Donor Darah"