Ketua DPW IMO-Indonesia Kalbar Megutuk Keras Pembunuhan Terhadap Wartawan

Pontianak,nuansasinar.com-Peristiwa pembunuhan, Sabtu dini hari, (19/06/2021) terhadap Mara Salem (Marsal) Harahap, Pemred dan sekaligus pemilik lassernewstoday.com ditanggapi oleh Jono Darsono Ketua DPW IMO-Indonesia(Ikatan Media Onlen Indonesia) Provinsi Kalimantan Barat Berserta Jajaran Pengurus dan anggotanya, IMO Kalbar mengecam keras dalang dibalik pembunuhan wartawan tersebut.

Jono yang juga pemilik Media MPGINWES.ID mengutuk tindakan kekerasan dan pembunuhan kepada Marsal. Katanya, tindakan kekerasan kepada awak media akhir-akhir ini sangat mengkhawatirkan dan meresahkan.

"Perlu tindakan tegas dan kongkrit dari penegak hukum terutama pihak kepolisian untuk menangkap siapa dalang dan pelakunya. Kita harap Kepada aparat penegakan hukum untuk memberikan hukuman seberat-beratnya kepada pelaku. Kalau perlu hukuman mati, karena hal ini termasuk pembunuhan berencana," terang Jono Darsono Ketua DPW IMO-Indonesia Kalbar, Sabtu (19/06/2021) di Jl.Ateri Supadio Sugai Raya,Kubu Raya.

"Ia Menerangkan tindakan kekerasan terhadap wartawan atau insan pers merupakan tindakan kejahatan kemanusiaan dan termasuk pelanggan ham berat,Sebab Wartawan Profesi dilindungi UUD.

" DPW IMO-Indonesia mendesak kepolisian agar dalam waktu dekat bisa mengungkap siapa dalang dan pelaku pembunuhan. Termasuk katanya, kepolisian diharapkan bisa membongkar motif pembunuhan Marsal Harahap.

"Pembunuhan kepada awak media diharapkan segera bisa diungkap secara terang-terangan kepada publik," desak JONO.

Tambah dirinya mengatakan, Pers merupakan salah satu pilar dan tonggak demokrasi karena sangat penting dan strategis fungsi, peran dan tugasnya dalam mengawal demokrasi. Sementara ancaman terhadap profesi seorang wartawan semakin nyata dan relatif tinggi dengan berbagai motif tindakan kekerasan terhadap wartawn yang bertugas di lapangan.

"Padahal sebagaimana UU 40/1999 tentang pers dijamin dan mendapat perlindungan hukum dari negara," jelasnya.

Untuk itu lanjutnya, dia berharap para insan pers di tanah air agar semakin solid dan tidak ciut nyalinya. Dimana terus berjuang menyajikan informasi teraktual disertai dedikasi yang tinggi, profesional, berani dan berintegritas.

"Saya atas nama pribadi,dan seluruh pengurus IMO-Indonesia DPW Kalbar Turut Berduka Cita mendalam, dan keluarga yang berduka semoga diberikan ketabahan. Untuk para awak media terus semangat selalu dan jangan kendor. Mari kita lawan kekerasan kepada insan pers," pungkas Jono Darsono yang sering disapa Bung Jon, memberikan semangat.

 

Roh/Red

author
No Response

Leave a reply "Ketua DPW IMO-Indonesia Kalbar Megutuk Keras Pembunuhan Terhadap Wartawan"