Pusat Koperasi Masyarakat (PUSKOPMAS) Kota Cimahi

Pusat Koperasi Masyarakat (PUSKOPMAS) Kota Cimahi

CIMAHI|Nuansasinar.com,-Pandemi Covid-19 yang belum kunjung selesai telah memberikan dampak luas terhadap jalannya usaha dan operasional koperasi yang berdampak signitifikan terhadap perekonomian Indonesia. Keadaan seperti ini, baik usaha mikro, kecil dan menengah hingga koperasi benar benar sangat merasakan dampaknya sebagai akibat dari wabah virus corona disease yang berkepanjangan.

Menurunnya tingkat pesanan, penjualan, dan permodalan belum lagi ditambah kesulitan kesulitan mendapatkan bahan baku serta kredit macet yang diakibatkan anggotanya tidak sanggup lagi membayar cicilan sebagai akibat dari aktivitas usaha anggota yang gulung tikar. Disamping itu pula tidak sedikit anggota yang menarik tabungan/simpanannya di koperasi masing masing.

Permasalahan permasalahan yang terjadi seperti ini sangat berpengaruh terhadap jalannya usaha koperasi itu sendiri terutama dalam hal likuiditas. Terdorong rasa keprihatinan terhadap koperasi koperasi yang dihadapkan dengan permasalahan permasalahan tersebut, kami para pengurus koperasi masyarakat yang terdiri dari 23 (dua puluh tiga) koperasi, sepakat mendirikan wadah yang disebut PUSKOPMAS (Pusat Koperasi Masyarakat) Kota Cimahi, yang mempunyai tujuan sama yaitu saling tolong menolong sesama koperasi terutama koperasi masyarakat yang sangat terdampak dibanding dengan kelompok koperasi lain seperti halnya KOPKAR, KPRI, dan PRIMKOPAD, walaupun koperasi koperasi tersebut sama sama terdampak akan tetapi para anggotanya masih mendapatkan penghasilan tetap.

Lain hal dengan koperasi masyarakat yang para anggotanya kebanyakan dari buruh, pedagang, dan tani dimana mereka pada saat pandemi ini banyak yang kehilangan penghasilan sehari-harinya.

Kami para pengurus koperasi masyarakat yang tergabung dalam suatu wadah yang disebut PUSKOPMAS berkomitmen membangun jaringan usaha bersama sesama koperasi masyarakat dan tidak menutup kemungkinan dengan kelompok kelompok koperasi lainnya bahkan diluar koperasi itu sendiri serta kami berupaya mempasilitasi di bidang pendidikan dan pelatihan koperasi.

Baca Juga :  Laporan Giat Kelurahan Padasuka Menyambut Idul Adha

Cimahi, September 2021
ISKANDAR MUHIDIN SE
Ketua Pusat Koperasi Masyarakat
(PUSKOPMAS) KOTA CIMAHI
(Red)

author
No Response

Leave a reply "Pusat Koperasi Masyarakat (PUSKOPMAS) Kota Cimahi"