• Selasa, 24 Mei 2022

Dukung Kemandirian Nasional, Pemerintah Lakukan Transformasi Digital Industri Kesehatan

- Minggu, 16 Januari 2022 | 12:32 WIB
Dukung Kemandirian Nasional, Pemerintah Lakukan Transformasi Digital Industri Kesehatan
Dukung Kemandirian Nasional, Pemerintah Lakukan Transformasi Digital Industri Kesehatan

Jakarta, nuansasinar.com (Transformasi Digital Industri Kesehatan) - Kemandirian nasional, terutama dalam upaya melalui kondisi pandemi saat ini, merupakan bekal Indonesia untuk keluar dari pandemi sebagai negara yang lebih kuat.

Pemulihan ekonomi nasional tidak terlepas dari pemulihan yang terjadi di sektor industri, karena sektor ini menopang 19,15% dari perekonomian nasional. Optimisme sektor industri masih terlihat di Triwulan IV-2021, ditandai dengan PMI Manufaktur kembali berada di wilayah ekspansif dengan mencatatkan angka 53,5 pada Desember 2021.

Utilisasi Industri Pengolahan juga terus meningkat dan mencapai yang tertinggi dengan capaian 67,6%. Impor Barang Modal dan Bahan Baku masing-masing tumbuh 23,1% dan 60,5% (yoy) pada November 2021. Seluruh indikator mencerminkan bahwa sektor industri kita semakin solid dalam menopang pemulihan ekonomi nasional.

Baca Juga: Ridwan Kamil Selaku Gubernur Jawa Barat Memberikan Arahan Dan Tekankan ke ASN Kota Bekasi

Momentum perbaikan dari sektor industri ini, tentunya menjadi hal yang baik bagi para pelaku industri termasuk di dalamnya para insinyur dan akademisi di bidang ilmu Teknik Industri.

“Sebagaimana kita harus beradaptasi di masa pandemi, para insinyur Teknik Industri juga harus beradaptasi menghadapi era Industri 4.0 yang ditandai dengan pemanfaatan teknologi digital untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan layanan konsumen secara global,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto secara virtual pada acara Puncak 50 Tahun Dies Natalis Teknik Industri - Institut Teknologi Bandung, dari Jakarta Pusat, Sabtu (15/01/2022).

Salah satu yang menjadi fokus pengembangan Pemerintah yakni industri sektor kesehatan. Industri kesehatan termasuk di dalamnya industri farmasi, merupakan salah satu sektor yang sangat diutamakan terutama dalam kondisi pandemi saat ini.

Baca Juga: Ingin Selamat dari Gempa! Berikut Doa Bila Terjadi Gempa

Dalam rangka meningkatkan daya saing Indonesia dalam sektor industri, Pemerintah juga mendorong terjadinya transformasi berbasis digital untuk menopang perkembangan industri kesehatan. Transformasi tersebut dapat berperan dalam memudahkan proses distribusi, penguatan jejaring kesehatan, mengefektifkan proses administrasi, dan mendukung performa yang lebih efektif serta efisien.

Halaman:

Editor: Soni Somantri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sejarah Mall Pertama Di Indonesia: Mall Sarinah

Sabtu, 26 Maret 2022 | 11:32 WIB

Pedagang Lama Pasar Caplek Tolak Kios

Rabu, 23 Maret 2022 | 17:09 WIB

Minyak Goreng Bkin Dilema Pedagang Dan Pembeli

Selasa, 22 Maret 2022 | 16:26 WIB

Seremoni Stikerisasi Aman dan Sehat Menuju Zona KHAS

Kamis, 23 Desember 2021 | 11:04 WIB

Masyarakat Desa Cibadak Terima BPNT

Sabtu, 18 Desember 2021 | 16:58 WIB

Saham Blue Bird Borong Saham Senilai Rp6,07 Miliar

Jumat, 26 November 2021 | 15:56 WIB

Bupati Subang Kunjungan Kerja Di Kecamatan Compreng

Jumat, 22 Oktober 2021 | 03:49 WIB
X